Persiapan Pilkades Serentak di Ambon Berjalan Maksimal

Foto bersama rapat dengan Forkopimda dan Panitia pelaksana pilkades serentak, Selasa (5/4/2022), di Hotel Marina. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy memastikan, mekanisme penyelenggaraan Pilkades serentak mulai dari persiapan hingga hari “H” pelaksanaan di tanggal 7 April 2022 mendatang, telah berjalan dengan baik.

Panitia Pilkades serentak yang digelar pada delapan desa dan satu negeri adat, baik di tingkat kota maupun tingkat desa, disebutnya, telah bekerja secara maksimal guna menyukseskan agenda politik tersebut.

“Seluruh mekanimse telah dimulai dari proses persiapan sampai dengan pemantapannya hari H tanggal 7. Panitia kota maupun panitia masing-masing desa sudah bekerja secara maksimal,” ujar Wali Kota usai menggelar rapat dengan Forkopimda dan Panitia pelaksana pilkades serentak, Selasa (5/4/2022) di Hotel Marina.

Menurutnya, rapat dilaksanakan bersama jajaran forkopimda, guna menyatukan tekad dalam suksesnya pilkades serentak, yang dilaksanakan diakhir masa jabatan memimpin kota ini.

Dari hasil rapat koordinasi tersebut, kata dia, seluruh unsur penyelenggara dan pendukung sudah siap dalam melaksanakan Pilkades serentak.

“Hari ini saya bersama-sama dengan Forkopimda, dalam rangka satukan tekad kita untuk sukseskan proses pilkades serentak yang akan dilaksanakan di 1 negeri dan 8 desa, kalau saya ikuti betul seluruh suasana kebatinan yang ada ini, betul-betul mereka sudah siap,” ujar dia.

Kepada panitia penyelenggara, Wali Kota mengungkapkan, pilkades serentak sifatnya teknis dan merupakan bagian dari kompetisi untuk menentukan siapa yang nantinya memimpin desa/negeri.

“Tadi saya sudah katakan tidak boleh ada dusta diantara kita, semua kompetisi ini bermuara untuk kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Sedangkan bagi para penjabat kepala pemerintahan desa/negeri yang melaksanakan Pilkades, dia mengingatkan, agar tidak boleh ada kepentingan subjekfitas pemerintah kota.

“Semuanya harus berlangsung secara demokratis, dengan merekam seluruh aspirasi dari pada masyarakat,” tambahnya.

Wali Kota menandaskan, semua jajaran Forkopimnda dalam rapat koordinasi tersebut memberi dukungan atas penyelenggaraan Pilkades serentak sesuai dengan porsi masing–masing.

“Kapolresta memberikan dukungan pengamanan, Kodim juga sama. Ibu Ketua DPRD juga mendukung secara politis lewat kerja keras Komisi I. Kepala pengadilan tinggi juga tadi mengarahkan agar sebisa mungkin kita menghindari terjadinya sengketa,” tandas dia.