BI Siapkan Anggaran Rp1.32 T untuk Masyarakat Papua

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Guna memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat Papua selama bulan Ramadan dan Idulfitri 1443 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,33 triliun.

Kebutuhan uang tunai tersebut diperkirakan meningkat 15,65% dibanding kebutuhan tahun sebelumnya sebesar Rp1,15 triliun. Peningkatan kebutuhan uang tunai ini sejalan dengan berlanjutnya pertumbuhan ekonomi dan aktivitas ekonomi yang mulai meningkat seiring dengan pengendalian Pandemi Covid-19.

“Memasuki Ramadan dan Idul Fitri 1443 H ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan penukaran uang di perbankan maupun kas keliling Bank Indonesia,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winantya, Jumat (8/4/2022).

Guna menghindari terjadinya kerumunan, masyarakat diharapkan melakukan pemesanan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR (https://pintar.bi.go.id) sebelum hadir ke lokasi kas keliling.

Bank Indonesia juga senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 1443 H.

“Kita utamakan instrumen non tunai dalam melakukan transaksi, antara lain QRIS, uang elektronik, dan digital banking yang dapat meminimalisir kontak fisik dalam bertransaksi,” sambungnya.

BI juga mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan merawat Rupiah, serta mendorong kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBP) yang tercermin juga dalam tema Ramadan/Idul fitri tahun ini, yaitu ‘Serambi Rupiah Ramadan Belanja Bijak dan Rawat Rupiah.’