Berita

Benih Unggul Gratis Bagi Petani Sulsel Siap Disalurkan

×

Benih Unggul Gratis Bagi Petani Sulsel Siap Disalurkan

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Jutaan bibit pertanian bakal disalurkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman untuk kelompok tani di 24 Kabupaten/Kota di Sulsel.

1546
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Penyaluran itu akan berlangsung pada acara Launching Mandiri Benih pada Jembatan Tongkonan Toraja, Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Jumat 22 April 2022.

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sulsel Imran Jausi mengatakan, mandiri benih merupakan inovasi yang diinisiasi langsung oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Rencananya kegiatan ini mengusung tema “Bangkitkan Pertanian Sulsel Melalui Mandiri Benih”.

“Dalam launching mandiri benih yang ditandai dengan penyerahan jutaan benih padi, bibit kopi, kakao dan alat mesin pertanian. Kita rencananya menggunakan 60-70 truk,” ungkap Imran Jausi kepada wartawan, di ruang kerjanya, Rabu (20/4/2022).

Adapun target penyaluran benih padi di tahun 2022 ini sebanyak 2,6 juta kg atau 2.600 ton, untuk luas lahan 104 ribu hektar.

“Benih ini dibagikan gratis ke masyarakat. Penyalurannya secara bertahap sesuai dengan musim tanam di daerah,” jelasnya.

“Target yang ingin kita capai tentunya peningkatan produktivitas. Jika benihnya unggul, kualitas baik, tentunya akan bisa menghasilkan produksi yang lebih bagus,” tambahnya.

Terlebih lagi, Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah yang kaya akan hasil pertanian.

Apalagi daerah di Indonesia bagian Timur ini juga merupakan salah satu lumbung pangan Nasional.

“Diharapkan dapat meningkatkan produksi padi dengan menggunakan benih yang berkualitas, menjaga pola tanam, mengatur jarak tanam (bukan hambur) dan pemeliharaan yang baik dan benar,” tandas dia.