Berita

Walikota Sorong Akan Bantu Material Perbaikan Rumah Warga Yang Terdampak Bencana Alam

×

Walikota Sorong Akan Bantu Material Perbaikan Rumah Warga Yang Terdampak Bencana Alam

Sebarkan artikel ini
Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M.M,.saat menemui warga terdampak bencana alam di tenda pengungsian. (Foto: Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Warga Klademak II pantai, kota Sorong yang rumahnya roboh akibat cuaca buruk beberapa waktu lalu akan mendapatkan bantuan dari pemerintah kota Sorong berupa material bangunan.

1728
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Hal itu disampaikan Walikota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, M. M,. saat meninjau lokasi rumah warga yang terdampak di komplek Klademak II Pantai, sekaligus mengunjungi warga yang masih berada di tenda pengungsian, Selasa (8/3/2022).

“Musibah yang terjadi kemarin lalu ada sekitar 23 rumah yang hilang. Saya tadi sudah datang ketemu ketua RT kepala distrik, kelurahan setempat juga warga yang kena musibah. Kami semua sepakat dari 23 rumah ini akan dibangun 1 ukuran 1 tipe, yakni 8×10,”ujar Lambert.

Dikatakan Lambert, untuk membangun kembali rumah yang warga terdampak itu akan dihitung material yang dibutuhkan.

“Di situ akan dihitung material yang dibutuhkan untuk satu rumah berapa itu dikalikan 23, jadi nanti materialnya mulai dari seng, kayu, papan dan lain lain. Semuanya nanti dihitung dan dilaporkan ke saya. Dalam waktu dekat kami akan drop material ke sini”jelas Lambert.

Lambert mengungkapkan bahwa sebenarnya ia berkeinginan membangun rumah warga yangg hilang tersebut, namun karena keterbatasan waktu, di mana masa jabatannya sebagai Walikota Sorong akan berakhir tahun ini, ia hanya bisa memberikan bantuan berupa material.

“Sebenarnya saya ingin berlakukan seperti 12 rumah yang pernah terbakar pada periode pertama dan itu saya bangun. Karena saya tidak lama lagi mau turun dari jabatan saya, jadi percuma tidak mungkin selesai. Saya takutnya itu nanti ada karateker datang dia tidak bisa melanjutkan program yang saya tinggalkan,”ungkapnuya.

“Tapi alangkah baiknya saya menyerahkan material saja sesuai kebutuhan dan mereka tinggal mainkan sesuai dengan cara mereka. Lebih cepat lebih bagus, agar bisa segera dibangun dan dihuni rumahnya. Mereka sudah sepakat dan bersyukur,”sambungnya.

Lambert menambahkan, bantuan yang sama juga akan diberikan kepada warga pulau Doom yang rumahnya terdampak akibat gelombang tinggi dan angin kencang itu.

“Kalau di Doom saya juga akan ke sana, jadi tidak boleh ada warga saya yang dianaktirikan. Saya akan perlakukan sama,”pungkasnya.