Berita

Pemkab Merauke Akan Efektifkan Vaksinasi Booster

×

Pemkab Merauke Akan Efektifkan Vaksinasi Booster

Sebarkan artikel ini
Bupati Merauke, Romanus Mbaraka. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Meningkatnya kasus Covid-19 di Merauke, maka Pemkab Merauke akan efektifkan vaksinasi booster atau dosis 3 kepada masyarakat.

Demikian pernyataan ini disampaikan Bupati Merauke Romanus Mbaraka kepada wartawan di Makorem 174/ATW, Kamis (10/2/2022).

Namun sebelum itu, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Satgas Covid setempat guna membahas pelaksanaan vaksin dosis tiga serta mempersiapkan langkah-langkah lebih lanjut dalam rangka menekan laju penularan.

3600
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Sebentar kita akan melakukan pertemuan untuk efektifkan vaksin dosis 3,” tutur Romanus.

Terlebih kegiatan puncak HUT Kota Merauke pada 12 Februari ini akan diperketat prokes bahkan disediakan posko vaksin untuk yang booster maupun dosis pertama dan kedua.

“Selama kegiatan baik panggung hiburan dan malam puncak kita tetap mengisi dengan imbauan potokol kesehatan dan vaksinasi.”

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr.Nevile Muskita meminta masyarakat untuk taat protokol kesehatan. Pasalnya, Litbangkes Papua memastikan Covid-19 varian baru, yakni Omicron telah masuk Merauke.

Nevile Muskita menyampaikan bahwa Litbangkes Papua telah melakukan pemeriksaan terhadap tujuh sampel orang dengan Covid-19 yang dikirim dari Merauke, di mana hasilnya enam positif Omicron dan satu Delta.

“Ada delapan sampel yang dikirim, tapi satu kualitasnya tidak baik sehingga tidak bisa dianalisis. Yang diperiksa tujuh sampel, hasilnya enam Omicron dan satu Delta,” kata Nevile melalui telpon, Kamis (10/2/2022).

Dikatakan, hasil pemeriksaan Litbangkes Papua di Jayapura itu telah dikonfirmasi oleh Litbangkes Pusat Kementerian Kesehatan.

“Kuncinya hanya dua, vaksin dan prokes. Untuk protokol kesehatan, minimal masyarakat harus pakai masker dan menghindari kerumunan,” ujarnya.

Lanjut kata Nevile, dengan menggencarkan program vaksinasi dan menerapkan Prokes yang sesuai, pemerintah setempat bisa mengendalikan pandemi di wilayah tersebut.

“Yang kita lihat saat ini masyarakat kadang-kadang tidak menjauhi kerumunan, lalu physical distancing juga tidak dijaga. Warga harus taati prokes untuk kebaikan semua orang,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Litbangkes Papua melakukan pemeriksaan terhadap 40 sampel pasien Covid-19 dengan metode Whole Genomic Sequencing (WGS)-Saracov-2 pada Rabu (9/2/2022).

Hasilnya ditemukan varian terbaru Omicron, dengan rincian 33 kasus dari Kota Jayapura dan enam dari Merauke. Sementara satu kondisi positif Delta dari Merauke.