Pengurus IKASWARA Sorong Ajak Pengurus Dan Masyarakat Manfaatkan Program JKN-KIS

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Ambar Permana, memberikan sosialisasi seputar Program JKN-KIS. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan pemahaman dan update informasi seputar JKN-KIS yang terkini.

Khususnya kepada masyarakat yang menjai peserta JKN-KIS. Mulai dari kantor-kantor, fasilitas kesehatan, sekolahan sampai ke lingkungan masyarakat.

Kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Sorong bersama Pengurus Ikatan Keluarga Sunda, Jawa dan Madura (IKASWARA) yang mewadahi perkumpulan keluarga dari berbagai suku di Pulau Jawa, memberikan sosialisasi seputar Program JKN-KIS.

Sosialisasi itu dilakukan pada kegiatan Pelantikan Pengurus Perkumpulan Perempuan (PP) – IKASWARA yang juga dihadiri Walikota Sorong, Lambert Jitmau, Rabu 19 Januari 2022.

“Pentingnya pemahaman terkait Program JKN-KIS mulai dari hak dan kewajiban, alur pelayanan, manfaat yang didapati serta informasi-informasi terkini rutin selalu kami sosialisasikan secara berkala. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini, kami mengupayakan pelayanan non tatap muka yang memudahkan peserta JKN-KIS dalam kepengurusan administrasi JKN-KIS,” jelas Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Ambar Permana.

Ambar kembali mengingatkan akan pentingnya jaminan kesehatan dan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS.

Ia mengimbau peserta JKN-KIS agar memanfaatkan pelayanan non tatap muka dengan mengunduh aplikasi Mobile JKN di Playstore atau Appstore, memanfaatkan layanan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) ataupun langsung menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165.

Dengan adanya kepengurusan PP-IKASWARA ini dapat menjadi wadah yang memajukan perempuan di bidang sosial, politik dan pendidikan sehingga mampu memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan bangsa dan negara. Melalui sinergi PP-IKASWARA dan BPJS Kesehatan Cabang Sorong diharapkan dapat melahirkan program-program yang mendorong pemahaman masyarakat mengenai pentingnya jaminan kesehatan.

Ketua Umum IKASWARA Sorong, Tupono menyetujui hal tersebut dan menambahkan dengan adanya sosialisasi dari pihak BPJS Kesehatan terkait manfaat, alur dan informasi terkini mengenai pelayanan-pelayanan terbaru ini kami harapkan dapat menambah pemahaman para pengurus IKASWARA tentang Program JKN-KIS.

“Pastinya informasi penting ini akan dilanjutkan dan disampaikan kepada anggota-anggota kerukunan dan masyarakat sekitar, Program JKN-KIS ini penting bagi masyarakat karena dapat menjadi perlindungan diri jika sewaktu-waktu diberi sakit tidak perlu memikirkan iur biaya, ” jelas Tupono.

Sembari menutup, Tupono berharap kedepannya sinergi antara IKASWARA dan BPJS Kesehatan dapat terus berlanjut dalam memberikan manfaat-manfaat yang positif terkhususnya terkait Program JKN-KIS bagi masyarakat Kota Sorong