Louhenapessy: Pola Pikir Berpengaruh Pada Perilaku Kita

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy ketika bertindak sebagai inspektur dalam Upacara Bendera Hari Kesadaran Nasional Kopri, di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Senin (17/1/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, agar dapat bekerja dengan pola pikir yang positif dalam melaksanakan tugas, pokok, dan fungsi dalam melayani masyarakat.

“Pola pikir berpengaruh pada perilaku kita. Kalau pola pikir atau mindset kita positif yaitu untuk membantu dan menolong, otomatis perilaku akan mengikuti,” kata Wali Kota dalam amanat ketika bertindak sebagai inspektur dalam Upacara Bendera Hari Kesadaran Nasional Kopri, di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Senin (17/1/2022).

Menurut dia, profesi sebagai ASN merupakan kesempatan untuk melayani. Olehnya itu, harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan etika kinerja yang baik, yakni dengan ketaatan, ketulusan dan kesungguhan.

“Jangan pernah menyesali apa yang sementara saudara jalani. Saudara di posisi jabatan fungsional maupun struktural jangan sesali. Laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, karena apa yang kita dapat adalah dari Tuhan,” tegas Louhenapessy.

Dia kemudian mengingatkan, tentang tantangan perubahan harus dihadapi oleh ASN, jika tidak mau tertinggal, yakni demokratisasi, transparansi dan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

“Dalam era keterbukaan, selaku ASN, sekaligus abdi negara, bahkan sebagai pejabat harus berhati–hati dalam bersikap, terutama dalam etika dan sopan santun yang sudah mulai luntur dalam keseharian maupun di media sosial,” ungkapnya.

Sementara dari segi kemajuan Iptek, Louhenapessy mendorong, agar pembenahan secara internal terus dilakukan dengan penggunaan aplikasi pada kegiatan surat–menyurat, sistem kepegawaian, dan kontrak kerja di bidang keuangan, serta penanganan pajak.

“Kalau kita bekerja dengan dan dari output yang dicapai dari sisi kebijakan eksternal, sudah banyak hal yang dikerjakan dan diakui, tetapi secara internal perlu dibenahi terutama dari aspek penguasaan iptek, sehingga periode kepemimpinan yang akan datang pelayanan publik akan semakin baik lagi. Saya sudah arahkan Sekretaris Kota Ambon untuk melaksanakan itu,” tandas Louhenapessy.

<