Prajurit TNI AL dan Masyarakat Bersih-bersih Pantai Sambut Hari Armada

Prajurit TNI AL bersama warga saat bersih-bersih di sekitar pelabuhan rakyat Sorong. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebanyak 300 prajurit TNI Angkatan Laut (AL) dari Komando Armada (Koarmada) III dan Jalasenastri bersama warga Kampung Malawei, Kota Sorong, Papua Barat larut dalam kegembiraan, bernyanyi bersama, Rabi (1/12/2021).

Aksi bersih-bersih pantai di Pelabuhan Rakyat Jl. Jenderal Sudirman, Kota Sorong itu tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Panglima Koarmada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., yang diwakili Kepala Staf Koarmada III, Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Koarmada III dalam rangka memeringati Hari Armada RI tahun 2021.

“Kegiatan gotong royong membersihkan pantai oleh Koarmada III bersama warga masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan dalam rangka Hari Armada RI tahun 2021 yang diperingati setiap tanggal 5 Desember.

“TNI Angkatan Laut akan selalu dekat dan bersama dengan rakyat, khususnya masyarakat pantai. Kebersamaan ini, antara lain diwujudkan bersama-sama melaksanakan bersih-bersih pantai. Semuanya kita terlibat pembersihan. Kebersihan sebagai bagian dari iman. TNI/TNI Angkatan Laut hadir harus memberikan manfaat, mengayomi masyarakat,” ujarnya.

Kepala Staf Koarmada III mengajak masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, menggugah kesadaran warga untuk memilah sampah dan tidak membuang sampah sembarangan.

Aksi bersih-bersih pantai ini dihadiri Inspektur Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya S, Komandan Lantamal XIV Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.M, Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Yuanita Irvansyah, segenap pejabat utama Koarmada III, dan sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Sementara itu, Ketua RW Malawei, Wihelmus Mamari menyambut baik kegiatan yang dilakukan Koarmada III tersebut. Menurutnya, lingkungan yang bersih adalah cerminan hidup sehat.

“Saya bersyukur kalau ada TNI angkatan laut, karena mereka bisa gerakkan masyarakat untuk lakukan pembersihan di sini. Karena kebersihan lingkungan adalah jaminan kesehatan bagi warga yang ada di pesisir pantai ini,”ucapnya.

Semua sampah yang telah dikumpulkan diangkut dengan truk hingga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Seusai bersih-bersih pantai, dilanjutkan vaksinasi maritim di lokasi yang sama.