Berita

Dua Kampung di Di Distrik Makbon Dapat Bantuan Pembangunan Micro PLTS Senilai Rp289 Juta

×

Dua Kampung di Di Distrik Makbon Dapat Bantuan Pembangunan Micro PLTS Senilai Rp289 Juta

Sebarkan artikel ini
PLN UP3 Sorong saat menyerahkan bantuan pembangunan micro PLTS kepada warga kampung batu lubang pantai dan kampung Teluk Dore. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – PLN UP3 Sorong memberikan bantuan pembangunan micro Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di dua kampung yang ada di Distrik Makbon kabupaten Sorong, yakni kampung batu lubang pantai dan kampung Teluk Dore.

Bantuan senilai Rp. 289 juta itu diserahkan langsung oleh Manager PLN UP3 Sorong, Martha Adi Nugraha kepada kepala kampung batu lubang pantai dan kepala kampung Teluk Dore, Selasa (22/12/21) bertempat di kampung Batu lubang pantai.

Manager PLN UP3 Sorong, Martha Adi Nugraha mengatakan bahwa bantuan yang terdiri dari lemari es, panel surya dan genset yang nantinya digunakan warga untuk menyimpan ikan dan pembuatan es batu.

3546
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Bantuan lemari es untuk warga kampung Batu lubang. (Foto: Mega/TN)

“Unit yang diberikan ini dalam bentuk solar PV kemudian perangkatnya, termaksud dengan baterai kemudian kita juga ada lemari es. Selain itu kita juga memberikan genset. Genset ini untuk cadangan, misalkan ketika PLTS tersebut sinar mataharinya dalam kondisi yang sedikit atau berkurang kita masih backup dengan genset, “jelas Martha Adi Nugraha.

Namun secara operasional, kata Adi, ketika sinar itu mataharinya cukup maka panel surya dengan kapasitas baterai 9000 watt itu bisa beroperasi 24 jam.

“Jadi kalau untuk dua kulkas ini cukup. Kalau sinar mataharinya bagus itu kan maksimal jam 8 pagi sampai jam 12 siang atau Jam 2 itu sudah terisi. Untuk di kampung Batu Lubang pantai, ada 9 panelnya. Di mana 1 panelnya 450 WP. Begitu juga dengan di Teluk Dore, unit dan bentuknya sama,” Kata Adi.

Sementara itu, Staf ahli Bupati Sorong, Kepas Kalasuat mengatakan bahwa Kabupaten Sorong sangat berterimakasih kepada PT PLN (Persero) dalam hal ini PLN UP3 Sorong, yang sudah membantu masyarakat di distrik Makbon.

“Terutama di kampung Teluk Dore dan di kampung Batu Lubang pantai, tinggal nanti dari pihak Kampung maupun distrik untuk mengawal aset yang diberikan. Ini asetnya milik bersama, jadi kita harus jaga sebaik mungkin,”ujar Kepas.

Dijelaskan Kepas, adapun permasalahan yang ada di kedua kampung itu adalah warga kesulitan untuk menyimpan ikan hasil tangkapan. Oleh karena itu, masyarakat sangat terbantu dengan adanya bantuan Tanggungjawab Sosial Lingkungan (TJSL) dari PLN Sorong tersebut.

“Terutama masalah tempat penyimpanan ikan, dan juga pembuatan es batu dan lain-lain. Bantuan berupa lemari es ini bisa digunakan untuk ikan, dan juga dengan fungsi yang lain seperti memanfaatkan es batu yang dibuat untuk menjual aneka minuman dingin, sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di sekitar sini. Mengingat di daerah batu lubang ini ada destinasi wisatanya,”pungkasnya.