Basarnas Merauke Kerahkan Personil Jelang Natal dan Tahun Baru

Apel siaga Nataru kesiapan personil. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, jelang perayaan hari besar umat nasrani, Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Merauke mengerahkan personil guna mendukung pengaturan dan pengendalian transportasi.

Dukung tersebut tetap bersinergi dengan segenap unsur dan instansi yang juga terlibat di lapangan, diawali dengan apel Siaga Khusus NATARU, diikuti oleh seluruh personil. Siaga khusus ini akan berlangsung selama 19 hari yakni sejak 17 Desember 2021- 4 Januari 2022.

“Tujuan utama dari pelaksanaan siaga khusus ini adalah terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal (Quick Response SAR),” ujar Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI Hendri Alfiandi dalam sambutan yang dibacakan Kepala Basarnas Merauke, Supriyanto Ridwan, S.E, Jumat (17/12).

Lebih lanjut dikatakan harus ada peningkatan dari tahun ke tahun baik kesiapan personil, peralatan, ketrampilan dan kesigapan serta sistem Quick Response SAR, jika terjadi kecelakaan walaupun kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun.

Pada siaga khusus Nataru tahun ini Basarnas akan tetap berfokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari Basarnas. Namun dengan tidak mengesampingkan potensi-potensi terjadinya kecelakaan lain dan bencana yang juga memerlukan perhatian Basarnas.

Kepala Badan juga menyampaikan bahwa hal penting lainnya yang selalu harus turut mendapat perhatian serius adalah kesiapan alut (alat utama). Kendaraan maupun peralatan-peralatan rescue menunjukkan performance dari Basarnas sehingga perlu diperhatikan kebersihan dan perawatannya agar selalu siap ketika digunakan.

“Ada beberapa hal yang saya tekankan untuk diperhatikan oleh para personil pada Siaga khusus Nataru kali ini yaitu harus menjaga sikap yang sopan dan santun baik dalam berkoordinasi dengan instansi terkait maupun saat melakukan misi penyelamatan di lapangan. Ikuti prosedur yang ada dan tunjukkan bahwa anda bekerja secara profesional,” tegas Kepala Badan yang dibacakan oleh Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke.

Kepala Badan juga berpesan untuk senantiasa mengutamakan keselamatan pribadi maupun tim. Jaga kesehatan, perhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Tetap semangat, ingatlah bahwa ini adalah tugas yang mulia sehingga yakinlah bahwa Tuhan TME akan mencatatnya sebagai nilai Ibadah dan selalu memberikan kebahagiaan bagi kalian dan keluarga yang mungkin belum bisa bertemu karena mengemban tugas ini,” pungkas Hendri Alfiandi.

Tepat seusai pelaksanaan apel, Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Merauke melepas konvoi kendaraan dan personil yang terlibat dalam Siaga khusus tahun ini. Konvoi kendaraan melalui jalan-jalan utama di kota Merauke guna menyampaikan pesan bagi masyarakat bahwa Basarnas siap memberikan pelayanan jasa SAR yang prima bagi masyarakat di Merauke.

<