Bandara Mopah Merauke Siapkan Posko Nataru

Kepala Seksi Teknik dan Operasi Bandara Mopah Merauke, Agus Kurniawan. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Bandar Udara Kelas 1 Mopah Merauke telah mempersiapkan Posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang mulai dilaksanakan Kamis (16/12).

Kepala Seksi Teknik dan Operasi Bandara Kelas 1 Merauke, Agus Kurniawan mengatakan, Bandara Mopah termasuk 14 Bandara yang melaksanakan pengawasan Posko Nataru. Di Papua sendiri ada empat bandara yakni Bandara Mopah, Manokwari, Sorong dan Timika yang dipantau langsung oleh Kemenhub selama Nataru.

“Besok kita mulai tugas kita di Posko Nataru, sesuai arahan kementrian bahwa petugas Posko setiap hari memberikan laporan mengenai penenrbangan, jumlah penumpang yang datang dan berangkat, bagasi dan kargo,” terang Agus Kurniawan di ruang kerjanya, Rabu (15/12).

Para pengguna jasa penerbangan maupun petugas akan lebih ditertibkan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Sebab menurut pengamatannya, para pelaku perjalanan mulai kendor dalam hal prokes.

Penerbangan sementara masih dari maskapai Garuda dengan jadwal ke Merauke tiga kali dalam satu minggu dan Lion Air rutin terbang setiap hari. Dikatakan, kapasitas pesawat masih berjalan normal tapi tetap memperhitungkan ruang emergency sehingga kapasitasnya dipastikan tidak full.

Sementara untuk penerbangan perintis juga tetap dilayani untuk belasan rute je daerah pedalaman. Yakni Merauke-Senggo, Merauke-Wanam, Merauke-Kimam, Merauke-Okaba, Merauke-Bian, Mindiptana, Bade, Kamur, Ewer, dan Kamur.

<