Berita

Pasca Kebakaran, NasDem Minta Kilang Cilacap Diaudit

×

Pasca Kebakaran, NasDem Minta Kilang Cilacap Diaudit

Sebarkan artikel ini
Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto ( nasdem.id)

TEROPONGEWS.COM, JAKARTA – Partai NasDem menginginkan Kilang Cilacap milik Pertamina untuk diaudit secara menyeluruh. NasDem juga meminta agar Kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah tersebut dilakukan investigasi pasca mengalami kebakaran pada Sabtu (13/11/2021). Demikian disampaikan Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto.

“Kami meminta investigasi dan audit menyeluruh terhadap kilang dan keamanannya,” kata Sugeng di Jakarta, kemarin (14/11/2021).

Dilansir nasdem.id Legislator NasDem itu mengatakan, kilang yang dibangun tahun 1970-1980an tersebut sudah tua dan belum ada pembaruan maupun pembangunan kilang baru.

4317
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Untuk itu, kata Sugeng, audit sangat diperlukan terutama terkait sistem keamanannya. Terlebih kilang tersebut sudah beberapa kali terbakar.

“Evaluasi tambal sulam saja tidak cukup,” tambahnya.

Sugeng menambahkan, tantangan eksternal Kilang Pertamina Cilacap cukup besar, baik tantangan alam maupun lingkungan dan sosial. Perubahan iklim yang luar biasa menyebabkan tekanan udara di selatan Pulau Jawa juga ekstrem, abrasinya cukup tinggi, dan saat hujan terjadi banyak sambaran petir.

Selain itu, kondisi lingkungan dan sosial juga berubah, berbeda ketika kilang dibangun pada tahun 1970-1980an. Hal itu, menurut Sugeng, menyebabkan sistem keamanannya kemungkinan sudah tidak cocok lagi.

“Kejadiannya (kebakaran kilang) harus diinvestigasi mendalam, apakah karena alam, human error, atau teknikal alat yang tidak memadai. Tidak tertutup juga kemungkinan sabotase,” ujar Sugeng.

Lebih lanjut, Legislator NasDem dari Dapil Jateng VIII (Kabupaten Cilacap dan Banyumas) itu mengapresiasi penanganan tim Pertamina yang dinilai sigap sehingga api cepat dipadamkan.

“Kebetulan kebakaran di dapil saya. Jadi saya sempat telepon bupati, orang kompeten Pertamina, Bramantyo, dan direktur Kilang Cilacap. Semuanya responsnya bagus,” pungkasnya.