Ketua Himpunan Peternak Telur Ras (HIPAR) Merauke Thomas Kimko. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ketersedian telur di Kabupaten Merauke jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) dipastikan aman.

<

Ketua Himpunan Peternak Telur Ras (HIPAR) Merauke Thomas Kimko mengatakan, baik peternak besar maupun peternak penyangga saat ini sudah memiliki produksi telur lokal yang dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan dua sampai tiga bulan ke depan.

“Untuk natal dan tahun baru stok kita aman dan kita tidak perlu datangkan dari luar Merauke,” terang Thomas di Merauke, Senin (29/11).

Untuk harga telur, kata Thomas, disesuaikan dengan harga pakan ternak ayam, yang menurutnya terus alami peningkatan. Ia mengambil contoh di November 2021, telah terjadi kenaikan pakan ayam hingga dua kali lipat. Kondisi ini tentu akan berpengaruh pada harga telur yang kemudian dijual dengan harga kisaran Rp 60.000 hingga Rp 85.000.

“Dengan harga ini, diahrapkan peternak lokal Merauke tidak mengalami kerugian dalam arti blanced (seimbang) dengan pengeluaran harga produksi,” terangnya lagi.

Menariknya, kualitas telur lokal dikatakan jauh lebih baik ketimbang telur yang dipasok dari luar. Bahkan Thomas memastikan bahwa dirinya menjamin akan kualitas telur lokal, karena usai panen langsung dijual kepada masyarakat Merauke bahkan kabupaten sekitarnya.

Lanjut disampaikan bahwa total pengusaha telur Merauke saat ini mencapai 26 pengusaha yang terdaftar sebagai anggota HIPAR Merauke.

Berita lain untuk anda