Berita

Ikaswara kota Sorong Gelar Vaksinasi, Dukung Percepatan Herd Immunity

×

Ikaswara kota Sorong Gelar Vaksinasi, Dukung Percepatan Herd Immunity

Sebarkan artikel ini
Danlantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M. Tr.Opsla, didampingi ketua Ikaswara Kota Sorong, Tupono saat meninjau pelaksanaan vaksinasi. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Ikatan Keluarga Sunda, Jawa dan Madura (Ikaswara) Kota Sorong, bekerjasama dengan Lantamal XVI Sorong dan Puskesmas Klasaman menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 di Pendopo Ikaswaea yang beralamat di di Jalan Patriot, Kelurahan Klawuyuk Kota Sorong, Kamis (4/11/2021). 

Pantauan media ini, berbagai elemen masyarakat berbondong-bondong mendatangi lokasi vaksinasi. Tak hanya orang dewasa dan lansia, anak-anak usia sekolah dasar juga antusias untuk disuntik vaksin.

Komandan Lantamal (Danlantamal) XIV Sorong Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M. Tr.Opsla mengatakan bahwa Lantamal XIV mendukung pelaksanaan vaksinasi dengan menyiapkan tenaga kesehatan dari rumah sakit TNI AL dr. Oetjo Sorong dan dinas kesehatan Lantamal XIV.

3341
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Lantamal XVI sangat mendukung dan sebetulnya kemarin juga kita tawarkan perlengkapannya seperti tenda. Kita juga siap untuk membantu dengan menyiapkan tenaga kesehatan dari RSAL dr. Oetojo maupun dari dinas kesehatan Lantamal XIV, ” kata Danlantamal XIV.

Danlantamal XIV menjelaskan, saat ini capaian vaksinasi di Papua Barat itu baru mencapai 48%, sedangkan untuk Manokwari sudah mencapai 58℅. Oleh karena itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan provinsi Papua Barat termasuk Polda Papua Barat untuk membantu pendistribusian vaksin.

“Kemarin kami berdiskusi dengan Pangdam dan Kapolda untuk fokus mengejar ketertinggalan. Nanti akan difokuskan ke kota Sorong dan Kabupaten Sorong di mana memang capaian vaksinasi di sini masih rendah. Untuk mengejar presentasi secara keseluruhan Papua Barat itu bisa dicapai dari dua wilayah, yakni Kabupaten Kota dan Kota Sorong, “jelasnya.

Danlantamal XIV juga mengungkapkan, pada pelaksanaan vaksinasi tersebut terdapat beberapa kendala seperti peserta vaksin yang tidak memiliki e-KTP, sebagai syarat untuk mendapatkan suntikan vaksin.

“Kendala-kendala yang lain mungkin masalah KTP. Tidak semuanya punya KTP, mungkin karena pengurusannnya yang rumit. Tapi Kalau punya Kartu Keluarga (KK) kita layani,”ucap Danlantamal.

Pada kesempatan yang sama, ketua Ikaswara kota Sorong, Tupono mengatakan bahwa pihaknya akan melayani vaksinasi sebanyak-banyaknya dan tidak membatasi jumlah peserta vaksinasi.

“Kita tidak batasi jumlah pasertanya, kalau ada 500 ya tergantung petugasnya, kalau siap sampai sore kita layani. Jadi tidak perlu khawatir tidak kebagian vaksin, ” ujar Tupono.

Tupono berharap, dengan adanya kegiatan vaksinasi dapat membentuk Herd Immunity sehingga aktivitas dapat kembali normal dan ekonomi masyarakat segera pulih.

“Dengan pandemi yang berkepanjangan, warga saya yang kebanyakan bekerja di sektor informal kan terganggu, tidak bisa jualan berarti rejekinya tidak ada yang masuk. Jadi harus rajin bervaksin supaya ekonomi kembali pulih. Kita usahakan supaya herd imunitynya bisa tercapai, perekonomian kembali normal sehingga pendapatan warga menjadi normal, dan jadi sehat semua. Karena kalau kita tidak punya penghasilan otomatis kita stres dan imun kita akan turun, “pungkasnya.