Aspotmar Kasal Mayjen TNI Mar. Widodo Dwi Purwanto saat meninjau pelaksanaan vaksinasi maritim yang digelar di halaman kantor distrik Sorong Manoi. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Lantamal XIV Sorong bekerjasama dengan Puskesmas Malawei menggelar serbuan vaksinasi maritim di halaman kantor Distrik Sorong Manoi, Jl. Jenderal Sudirman, kota Sorong, Rabu (10/11/2021).

Aspotmar Kasal Mayjen TNI Mar. Widodo Dwi Purwanto mengatakan bahwa TNI Angkatan laut akan terus mensukseskan program pemerintah seperti melakukan percepatan vaksinasi.

“Kita melaksanakan program vaksinasi itu dari Sabang sampai Merauke. Seluruh jajaran TNI angkatan laut itu kita berdayakan untuk mensukseskan program ini. Utamanya kita melaksanakan di sektor maritim seperti pelabuhan, tempat pelelangan ikan, desa-desa pesisir, dan pelosok,”ujar Apotmar Kasal di sela-sela kegiatan vaksinasi.

Aspotmar Kasal mengungkapkan, selain di daerah pesisir, TNI angkatan laut juga mensukseskan program vaksinasi di daerah-daerah yang capaian vaksinasinya masih rendah.

“Kita juga melihat bahwa ternyata di daratan ada daerah-daerah yang capaian vaksinasi masih rendah karena berbagai macam kendala. Nah, disinilah kita juga berperan untuk memaksimalkan itu.

Terkait dengan capaian serbuan vaksinasi yang ada Papua Barat, khususnya Kota Sorong masih jauh dari target pemerintah. Di mana capaian vaksinasi di Kota Sorong masih 38 persen.

“Di kota Sorong ini capaian vaksinasi masih jauh dari target. Target pemerintah sampai dengan akhir tahun ini 70 persen, kemudian untuk mencapai level dua itu harus 50 persen dan di sini masih 38 persen. Jadi ini harus ada percepatan. TNI Angkatan Laut siap membantu pemerintah daerah untuk percepatan vaksinasi, “jelasnya.

Aspotmar Kasal menambahkan, pihaknya siap mengirimkan tenaga kesehatan di tempat lain untuk membantu percepatan capaian vaksinasi.

“Di sini kita berupaya bekerjasama dengan Pemda untuk segera mengambil langkah percepatan itu. Misalnya tenaga kesehatan, jika dibutuhkan tambahan kita akan datangkan karena kita di tempat lain juga melakukan seperti itu,” imbuhnya.

Sementara itu salah satu peserta vaksinasi, Selep Syufan sangat berterimakasih kepada TNI Angkatan laut yang sudah menyelenggarakan kegiatan vaksinasi. Di mana selain dapat membentuk herd Immunity, sertifikat vaksin yang ia dapat akan memudahkannya untuk pulang ke daerah asal.

“Saya bukan warga Sorong, saya dari distrik Tambuni, kabupaten Teluk Bintuni. Saya ke Sorong karena ada urusan pekerjaan. Saya tahu ada kegiatan vaksin ini dari teman-teman. Intinya saya sangat berterimakasih dengan TNI AL, ” pungkasnya.

Berita lain untuk anda