Berita

BI Maluku Dorong Kerjasama Dukung Ambon Smart City

×

BI Maluku Dorong Kerjasama Dukung Ambon Smart City

Sebarkan artikel ini
Kepala BI Perwakilan Maluku, Noviarsano Manulang saat rapat Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Rabu (27/10/2021) di Ruang Rapat Darwin, Balaikota Ambon. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk menjalin kerjasama seluas-luasnya. Ini sebagai upaya mendukung Ambon sebagai Kota Cerdas (Smart City).

1517
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Dalam upaya penerapan transaksi digital, Bank Indonesia mendorong Pemerintah Kota Ambon untuk dapat menjalin kerjasama seluas-luasnya, baik dengan pihak perbankan maupun lembaga-lembaga non perbankan, dan non keuangan,” kata Kepala BI Perwakilan Maluku, Noviarsano Manulang kepada wartawan, di Ambon, Kamis (28/10/2021).

Menurutnya, kerjasama dengan lembaga-lembaga lain yang dimaksud sesungguhnya dapat membantu Pemerintah Kota Ambon, dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang lebih efisien dan terjamin aman.

“Misalnya seorang wajib pajak yang tengah berada diluar kota, tidak ada alasan baginya untuk tidak melakukan pembayaran pajak. Dia bisa menggunakan aplikasi yang ada seperti tokopedia, atau link aja atau aplikasi lain yang sudah menjalin kerjasama dengan Pemkot Ambon, atau BPD, maupun Bank setempat untuk melakukan pembayaran,” ujar Manulang.

Terkait kerjasama yang akan dilakukan Pemkot Ambon bersama Bank Mandiri (bekerjasama dengan Link Aja), Manulang mengatakan, kerjasama tersebut didukung oleh Bank Indonesia, mengingat hal tersebut juga akan sangat membantu Pemerintah dalam rangka mendigitalisasi transaksi keuangan.

“Kerjasama dengan Bank Mandiri dalam upaya mendigitalisasi pembayaran angkutan Kota, kami rasa sangat baik. Intinya adalah, tindak lanjut dari kerjasama dimaksud. Karena hal tersebut tentunya membawa dampak yang positif baik bagi pihak Pemerintah, pihak pemilik angkutan maupun masyarakat,” katanya.

Baginya, konsep Smart City Ambon bisa dimulai dari apa yang sudah ada saat ini.
Tidak hanya perbankan tapi juga lembaga-lembaga lain yang sudah ada di Ambon, dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari fungsi untuk mencapai tujuan dari smart city.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Ambon, Syarif Hadler memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia atas segala dukungan yang diberikan.

“Kami dari pihak Pemkot Ambon merasa sangat terbantu atas dukungan dari pihak BI. Kita semakin paham, dan ini akan menjadi awal yang baik bagi Pemkot, guna mendukung percepatan dan perluasan digitalisasi daerah,” tandas Wawali.