Bupati Raja Ampat dan sejumlah kepala OPD mengikuti virtual penghargaan Paritrana Awards 2020 BPJamsostek. Foto Wim/TN

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Pemerintah kabupaten (pemkab) Raja Ampat meraih penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) Paritrana Award tahun 2020 kategori pemerintah kabupaten/kota yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H.Ma’ruf Amin, secara virtual, Kamis (9/9/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, menteri Ketenagakerjaan, Dirut BPJamsostek, Direksi dan Dewas BPJS Ketenagakerjaan, serta panitia pusat tim penilai.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati saat mengikuti virtual Paritrana Awards 2020 yang diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H.Ma’ruf Amin, secara virtual

Sebelumnya pemerintah kabupaten Raja Ampat telah mengikuti penilaian terhadap program BPJS Tenaga Kerja dengan berbagai hal yang berkaitan dengan kerja sama atau kepesertaan terhadap pekerja formal dan non formal di Raja Ampat.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE, kepada media ini mengatakan, pada tahun 2017 peraturan daerah kabupaten Raja Ampat melahirkan peraturan daerah untuk pertama kali secara nasional berkaitan dengan non upah, honorarium, para nelayan dan petani di Raja Ampat.

Dikatakannya, rencana ke depan pemda Raja Ampat akan menambah kuota kepesertaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja seperti ASN dan TKBM serta berkomitmen untuk terus memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat Raja Ampat.

Dan memang benar, upaya yang telah dilakukan Pemda Raja Ampat dalam memberikan perlindungan sosial terhadap masyarakat, hari ini pun berbuah manis, optimis bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati, benar-benar terbukti, Pemkab Raja Ampat keluar sebagai juara pertama penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) Paritrana Award tahun 2020.

Paritrana Awards tahun 2020 digelar untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah (pemda) dan perusahaan yang sepanjang tahun 2020 mendukung penuh implementasi dan tertib administrasi jaminan sosial ketenagakerjaan di daerah masing-masing. 

Wakil presiden, Ma’ruf Amin dalam Paritrana Award 2020, mengatakan bahwa mendaftarkan perusahaan dan pekerjanya pada program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di BP Jamsostek sangat penting dalam memenuhi hak pekerja dan menjamin keamanannya.

Kata wakil presiden, Paritrana Award tahun 2020 ini merupakan kali keempat sejak pertama kali dilakukan pada tahun 2017 lalu. Menurut Wapres Ma’aruf Amin, selama empat tahun ini pemerintah bersama BPJS Ketenagakerjaan terus berkomitmen meningkatkan jumlah kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan juga menilai kepatuhan pemerintah provinsi dan kabupaten kota di Indonesia.

“Paritrana Award tahun 2020 ini merupakan kali keempat sejak pertama kali dilakukan pada tahun 2017 lalu.selama empat tahun ini pemerintah bersama BPJS Ketenagakerjaan terus berkomitmen meningkatkan jumlah kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan juga menilai kepatuhan pemerintah provinsi dan kabupaten kota di Indonesia,” terangnya.

Sebagai pemenang pertama Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) Paritrana Award tahun 2020 kategori pemerintah kabupaten/kota jatuh pada kabupaten Raja Ampat, pemenang kedua jatuh kepada kota Tangerang dan
pemenang ketiga jatuh kepada pemerintah kota Bekasi.

Sementara untuk kategori pemerintah provinsi. Provinsi Papua Barat meraih peringkat kedua setelah Daerah Istimewa Jogjakarta di peringkat pertama dan peringkat ketiga jatuh kepada provinsi Sulawesi Utara.

Berita lain untuk anda