Irigasi Kalosi Bakal Mengairi Ribuan Hektar Lahan

Irigasi Kalosi di Kabupaten Pinrang yang sementara dikerjakan. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengaku, dengan pengerjaan irigasi Kalosi di Kabupaten Pinrang, nantinya akan mengairi luas areal/lahan sekitar 1.004 hektar.

“Dengan pengerjaan rehabilitasi di Kalosi ini, diharapkan bisa mengurangi tingkat kehilangan air pada saluran. Serta bisa mengoptimalkan fungsi irigasi pada area layanan sekitar, sehingga diharapkan bisa meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar dia kepada wartawan, di Makassar, Selasa (3/8/2021).

Ia menyebutkan, rehabilitasi irigasi Kalosi ini dengan jenis pekerjaan berupa rehabilitasi Bendung Kalosi, rehabilitasi saluran sekunder Kalosi kiri, rehabilitasi saluran induk Kalosi kanan, rehabilitasi saluran sekunder Tadokkong, rehabilitasi saluran sekunder Karajo, serta rehabilitasi saluran sekunder Dedeko.

“Total anggaran yang di gunakan sekitar Rp 10 Miliar,” sebutnya seraya menambahkan, progres rehabilitasi irigasi Kalosi di Kabupaten Pinrang telah mencapai 16,32 persen.

“Rehabilitasi dI Kalosi sedang on progres. Saat ini sudah progres pengerjaan 16,32 persen per akhir bulan Juli 2021 ini,” tandas Andi.