Wali Kota: Ada Sejumlah Lokasi Alami Kerusakan Parah Akibat Banjir dan Longsor

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, saat meninjau beberapa titik bencana di Kota Ambon, Senin (12/7/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengaku, ada sejumlah lokasi di Kota Ambon yang mengalami kerusakan parah, akibat banjir dan tanah longsor.

Memang, akibat curah hujan tinggi pada Minggu (11/7/2021), menyebabkan beberapa tempat di Kota Ambon dilanda banjir dan tanah longsor.

“Dari hasil tinjauan kami, ada beberapa lokasi yang parah, misalnya di Halong dan Hative Besar, selebihnya bencana-bencana ringan, tapi juga ada beberapa daerah pegunungan yang mengalami longsor yang serius,” kata dia kepada wartawan, di Ambon, Selasa (13/7/2021).

Dikatakan, hal yang harus disyukuri bahwa dalam bencana yang terjadi baik tanah longsor maupun banjir, tidak ada korban jiwa.

“Kita bersyukur, bahwa dalam bencana tidak ada yang meninggal dunia, Kita tahu bahwa di tahun 2012-2013 pernah Kota Ambon mengalami bencana yang cukup serius, tapi kali ini memang ada bencana tapi tidak ada korban jiwa,” ungkap Louhenapessy.

Dia mengaku, semua titik bencana telah dilaporkan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kepada BNPB. Oleh karena itu, penanganannya akan dikerjakan sesuai porsi masing–masing, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Maluku, dan Pemkot Ambon.

“Kita akan lihat mana yang ditangani langsung sesuai porsi masing–masing, misalnya untuk Halong itu jalan nasional sehingga menjadi tanggung jawab Balai Jalan dan Jembatan, kita koordinasikan untuk dipercepat,” ungkapnya.

Sedangkan untuk keluarga yang terkena dampak langsung bencana, menurut Wali Kota, telah diberikan bantuan tanggap darurat dari Pemkot.

“Kita juga sudah sampaikan kepada seluruh Kades/Raja dan Lurah untuk mengintervarisir seluruh masyarakat yang terdampak akibat bencana, untuk ambil langkah bantuan kepada mereka,” terangnya.

Antisipasi terjadinya bencana susulan karena intensitas hujan masih tinggi, Louhenapessy menghimbau, agar masyarakat yang tinggal di lereng gunung, maupun bantaran sungai agar tetap waspada serta terus berdoa kepada Tuhan sehingga di jauhkan dari bencana.

Sebelumnya, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, bersama Komandan Korem 151/Binaiya, Brigjen TNI Arnold Ritiauw didampingi Sekretaris Kota (Sekot) A.G Latuheru, bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin (12/7/2021) pagi, melakukan tinjauan terhadap beberapa titik bencana di Ambon.