Salah satu pasien (Anak) operasi bibir sumbing di RS TNI AL Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Lantamal XI Merauke menyelenggarakan Bhakti Sosial Operasi Bibir Sumbing Gratis dalam rangka pembentukan Kampung Bahari Nusantara (KBN), Selasa (08/06) di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Merauke.

Operasi bibir sumbing ini terselenggara berkat kerjasama antara Lantamal XI Merauke, Smile Train dan PT. Bio Inti Agrindo (BIA), sebagai bagian dari program KBN bidang kesehatan.

“Hari ini kita melaksanakan operasi bibir sumbing untuk masyarakat Merauke dan sekitarnya. Kita mengandeng Smile Train dan PT. BIA,” ucap Danlantamal XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, M. Han dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan tersebut di RS TNI AL.

Danlantamal menyebut sebanyak 15 orang yang terdaftar untuk dilakukan operasi, ditangani para medis RS Angkatan Laut. Tak lupa, Danlantamal menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya membantu, guna mensukseskan kegiatan sosial itu.

Dari total yang siap dioperasi, tujuh anak-anak, dan sisanya orang dewasa. Mereka kebanyakan berasal dari luar Kota Merauke sebab di Kota Merauke sendiri sudah jarang ada orang yang terlahir sumbing yang belum dipoerasi.

Penyerahan plakat dari Mr Lee Con Hoo kepada Danlantamal XI Merauke. Foto-Getty/TN

“Ini kita dari Angkatan Laut cari sampai ke Muting supaya masyarakat bisa manfaatkan kesempatan selagi gratis. Karena biayanya cukup mahal untuk operasi bibir sumbing,” sambung Kepala Rumah Sakit TNI AL Merauke,
Mayor Laut (K) dr. D. Nursito.

Lanjut, kata Mayor Nusito, usai operasi pasien akan dirawat nginap selama satu kali 24 jam sambil observasi keluhan paca operasi. Sebelum itu, petugas kesehatan melakukan screening Covid-19 dan selama proses penanganan menerapkan protokol kesehatan.

Kesempatan yang sama, Jr Manager Represensentative Office PT. BIA Merauke, Erwan mengatakan, di internal PT. BIA mempunyai program stakeholder yaitu operasi bibir sumbing. Kebetulan bersamaan dengan kegiatan KBN sehingga disepakati untuk berjalan bersama.

“Artinya, kita saling melengkapi dan saling berpartisipasi, karena sudah lama kita bermitra dengan Lantamal XI. Ini salah satu fungsi adanya investasi di Kabupaten Merauke, yaitu bagaimana bisa membantu meringankan beban masyarakat,” tandas Erwan.

Kerjasama yang baik ini ditandai dengan penyerahan plakat dari Mr Lee Con Hoo kepada Danlantamal XI Merauke.

Berita lain untuk anda