Logo Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Provinsi Maluku Utara (Malut) menjadi salah satu daerah yang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan diterjang hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Bukan saja Malut, potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang juga diprakirakan terjadi di wilayah Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Papua, Papua Barat, dan Sulawesi Tengah.

Seperti dikutip dari situs BMKG, Selasa (15/6)2021), hujan lebat disertai kilat dan angin kencang juga berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan.

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di sebelah barat Sumatera Utara. Daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) juga terpantau memanjang di Aceh hingga Selat Malaka, di Riau, dari Sumatera Selatan hingga Jambi.

Kemudian, dari perairan utara Jawa Tengah hingga Banten, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Maluku Utara hingga Sulawesi bagian utara, dari Maluku hingga Sulawesi bagian tengah, dan dari Papua hingga Papua Barat.

Kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi dan sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berita lain untuk anda