Pelatihan peningkatan kapasitas kepada kelompok usaha dan kaum perempuan Tambrauw oleh Yayasan Mange-Mange Papua. Foto Wim/TN.

TEROPONGNEWS.COM, TAMBRAUW Pemerintah kabupaten Tambrauw melalui dinas Pariwisata Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Yayasan Mange-Mange Papua menggelar pelatihan peningkatan kapasitas ekonomi kreatif kepada kelompok-kelompok usaha yang ada di kabupaten Tambrauw Papua Barat, Senin (10/5/2021).

Kegiatan tersebut disuport oleh program bantuan dari pemerintah Selandia Baru (New Zealand).

Kordinator Bantuan Program Pemerintah Selandia Baru dari Yayasan Mang-Mange Papua, Albert Nebore Foto Wim/TN.

“Kegiatan pelatihan kapasitas ekonomi kreatif yang kami lakukan di kabupaten Tambrauw ini, bekerja sama dengan dinas Pariwisata Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif lewat program bantuan pemerintah Selandia Baru tahun 2021,” ujar Kordinator Bantuan Program Pemerintah Selandia Baru dari Yayasan Mang-Mange Papua, Albert Nebore, Senin (10/5/2021).

“Kegiatan ini melibatkan kelompok masyarakat, terutama ibu-ibu yang ada di Tambrauw, karena mereka inilah yang mengalami dampak dari situasi ekonomi akibat pandemi covid-19 yang berkepanjangan, oleh sebab itu target dan sasaran kami adalah ibu-ibu” lanjutnya.

Menurut Nebore, pihaknya berharap pelatihan tersebut akan menghasilkan kaum perempuan yang berada di basis kampung maupun gereja yang terampil membuat souvernir khas Tambrauw, termasuk terampil mengolah sumber daya pertanian yang ada menjadi oleh-oleh dari kabupaten Tambrauw.

“Tentunya ke depan kami berharap pelatihan ini akan menciptakan pengusaha lokal yang mampu menciptakan sesuatu yang menjadi ciri khas kabupaten Tambrauw, pastinya dalam sebuah industri rumah tangga,” terangnya.

Dikatakannya, alasan Yayasan Mange-Mange Papua melakukan pelatihan peningkatan kapasitas ekonomi kreatif itu, dimana pelatihan tersebut berkaitan erat dengan pengembangan potenis pariwisata di kabupaten Tambrauw ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda