MRPB Jaring Asmara Jelang Mubes I Suku A3

Kegiatan penjaringan aspirasi masyarakat di Aula Pertemuan SMA Negeri 1 Ayamaru, kabupaten Maybrat. (Ones/TN)

TEREOPONGNGNEWS.COM, MAYBRAT – Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) wilayah Domberay melakukan penjaringan aspirasi masyarakat (Asmara) di kabupaten Maybrat yang mencakup wilayah Ayamaru, Aitinyo dan Aifat dalam persiapan Musyawarah Besar (Mubes) I untuk pemilihan kepala suku besar orang Maybrat .


Kegiatan jaring Asmara yang diikuti anggota MRPB dari unsur Pokja Adat dan Pokja perempuan, anggota DPRD kabupaten Maybrat, kapolsek Ayamaru, Danramil Ayamaru, kepala Distrik, tokoh masyarakat, agama, perempuan, pemuda dan Tokoh Adat serta 9 kepala sub Suku dikabupaten Maybrat ini dipusatkan di Aula Pertemuan SMA Negeri 1 Ayamaru, kabupaten Maybrat, Jumat (7/5/2021).

Anggota MRPB dari Pokja Adat Semuel Kambuaya S.Sos menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk penjaringan aspirasi masyarakat sekaligus sosialisasi komposisi panitia pelaksana Mubes I suku A3 untuk pemilihan kepala suku besar orang A3 dikabupaten Maybrat.

Anggota MRPB bersama kepala sub suku dan masyarakat dikabupaten Maybrat usai pertemuan


“Sejak meninggalnya almarhum Yahya Solossa hingga saat ini jabatan kepala suku besar A3 tinggal kenangan, belum diisi jabatan tersebut, oleh sebab itu melalui Mubes I Suku A3, untuk pemilihan kepala suku besar A3 yang akan dilaksanakan pada bulan November tahun 2021 ini,” je;asnya.


Samuel Kambuaya meyebutkan ada 160 marga yang tersebar di 9 sub suku yakni sub suku Ayamaru, Aitinyo, Aifat , suku Fokour Zah, Mai somara, Mare,Wayer, Sawiat dan sub suku Weta Nagin Brat dan secara Antropologis orang A3 memiliki satu suku, satu bahasa dan satu budayayang membedakan adalah logat atau dialek.

Sementara Agnes Isir,S.Sos,M.Si anggota MRPB dari Pokja perempuan mengatakan, anggota MRPB periode kali ini banyak hasil yang telah dicapai seperti, bidang pendidikan, penerimaan Formasi CPNS dan perjangan penambahan kuota penerimaan anggota TNI-AD dan Polri di Papua Barat.

” Kuota terbanyak penerimaan anggota TNI-AD dan Polri, terlebih khusus anak-anak Maybrat yang mengikuti tes tersebut. Selain itu, MRPB telah mengeluarkan rekomendasi sebagai persyaratan administrasi pengurusan DOB Maybrat Sau yang yang sudah diberikan pada tanggal 3 Mei kemarin dikota Sorong”jelas Agnes Isir.

<