Berita

Kasus Covid-19 di Kaltim Alami Penurunan

×

Kasus Covid-19 di Kaltim Alami Penurunan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Covid-19. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Perkembangan kasus Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam beberapa pekan terakhir terus mengalami penurunan. Namun demikian, pemerintah akan tetap mengimbau masyarakat, untuk tidak mengendurkan penerapan protokol kesehatan.

Demikian disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim Sufian Agus, lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, Selasa (4/5/2021).

Kaltim, tegas Sufian Agus, tidak akan mengulang lonjakan kasus Covid-19 seperti terjadi tahun lalu, dimana lonjakan kasus terjadi setelah libur lebaran.

Selain itu, lonjakan kasus yang terjadi di sejumlah negara di dunia, menurutnya, juga patut menjadi perhatian.

“Seperti di India, tadinya trend mereka turun. Tapi tiba-tiba melonjak, karena perayaan-perayaan besar di sana dibiarkan. Jangan sampai ini terjadi di Kaltim,” kata Sufian Agus.

Untuk itu, kata Sufian Agus, pada momen lebaran dan pasca lebaran masyarakat diingatkan untuk tidak lengah dalam penerapan protokol kesehatan.

“Yakni tetap menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah,” pinta dia.

Dia juga mengingatkan para kepala daerah, baik gubernur, bupati dan wali kota untuk menjaga daerah masing-masing, agar tidak terjadi lonjakan kasus saat lebaran dan pasca lebaran.

“Kita ingin trend kita terus melandai, menurun dan habis. Bukan sebaliknya, terus naik dan naik terus. Karena itu, kerjasama dengan Forkopimda dan tokoh-tokoh masyarakat di daerah akan sangat membantu menekan penyebaran Covid-19,” tandas Sufian Agus.