Berita

Dalam Rangka Pembentukan KBN, Lantamal XI Merauke Lakukan Penanaman Mangrove

×

Dalam Rangka Pembentukan KBN, Lantamal XI Merauke Lakukan Penanaman Mangrove

Sebarkan artikel ini
Penanaman mangrove di Pantai Lampu Satu Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Danlantamal XI Merauke, Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, M. Han memimpin kegiatan penanaman bibit mangrove di area Pantai Lampu Satu Merauke, Jumat (28/05).

1548
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kegiatan ini sebagai salah satu upaya Lantamal XI ikut melestarikan lingkungan pesisir Pantai Lampu Satu. Kali ini dilakukan penanaman 1000 pohon yang diikuti oleh Wadan Lantamal dan jajaran Lantamal Xl Merauke Balai Sungai dan Rawa, Lurah Samkai dan para undangan yang diundang.

“Mangrove diharapkan akan menambah keindahan pantai, sebagai tempat wisata dan melindungi daratan yang ada di lampu satu dari bahaya gelombang besar. Ini kita upayakan untuk mencegah terjadinya hal buruk,” terang Danlantamal XI dalam sambutannya.

Hal ini sejalan dengan program TNI AL yaitu membentuk Kampung Bahari Nusantara (KBN) di wilayah pesisir pantai. KBN adalah salah satu program TNI AL Lantamal XI yang bertujuan untuk memajukan salah satu kampung binaan, dengan sasaran untuk meningkatkan taraf hidup dan kemajuan masyarakat.

KBN sendiri mempunyai lima bidang program kegiatan. Pertama, bidang kesehatan, yakni penyuluhan hidup sehat, kegiatan posyandu, pelayanan kesehatan gratis, serta sosialisasi protokol Covid-19.

Kedua, bidang pariwisata, berupa penanaman pohon mangrove, memajukan wisata Pantai Lampu Satu, membuat spot foto, program bersih-bersih pantai, dan pemasangan papan imbauan.

Tiga, bidang ekonomi yaitu, penyuluhan ekonomi, pembinaan galangan kapal, penataan PKL, penyuluhan nelayan, pelatihan bakso ikan dan ikan asin.

Bidang pendidikan, seperti mendirikan rumah pintar, meningkatkan minat baca anak, membantu pendidikan masa pandemi dan anak putus sekolah, dan menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan.

Bidang ketahanan, ada penyuluhan bela negara, pembinaan saka bahari, pembinaan bela diri dan pemberdayaan potensi maritim.

“Program kegiatan tersebut, sebagian besar sudah kita laksanakan. Memang ada beberapa hal yang tidak bisa kita laksanakan sendiri. Ke depan, Lantamal XI juga akan mengadakan kegiatan operasi bibir sumbing dan pengobatan gratis. Program TNI AL sejalan dengan pemerintah daerah dalam menyambut pelaksanaan PON Papua,” pungkasnya.