Berita

Penyandang Disabilitas dan Lansia di Kampung Malaswat Sorsel Ikut Perekaman e-KTP

×

Penyandang Disabilitas dan Lansia di Kampung Malaswat Sorsel Ikut Perekaman e-KTP

Sebarkan artikel ini
Proses perekaman KTP elektronik kepada seorang Lansia di kampung Malaswat. Foto TN

TEROPONGNEWS.COM, TEMINABUAN- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) melakukan pelayanan perekaman Keliling di wilayah distrik Saifi, Rabu (10/3/2021).

1727
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Kali ini, kami dari dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sorong Selatan melakukan perekaman KTP Elektronik, data bagi warga penyandang disabilitas, lansia dan masyarakat sakit menahun sehingga tidak bisa keluar rumah untuk melakukan perekaman ke dinas Dukcapil Sorong Selatan, itu yang kami utamakan,” ujar kepala dinas Dukcapil Sorsel, Drs George Japsenang, M.Si, Kamis (11/3/2021).

Salah seorang penyandang Disabilitas di kampung Malaswat mendapat pelayanan perekaman KTP elektronik. Foto TN.

Menurut mantan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Sorong Selatan itu, dirinya bersama staf langsung mendatangi masyarakat penyandang Disabilitas di kampung Mlaswat distrik Saifi dan memprioritaskan mereka untuk melakukan perekaman KTP elektronik.

“Pada kesempatan ini saya mengatakan bahwa ini adalah tugas negera untuk memenuhi hak Konstitusional warga masyarakat dengan menyiapkan seluruh dokumen kependudukan dan pencatatan sipil, pelayanan sistem jemput bola dilakukan untuk membantu masyarakat yang kesulitan dalam mengurus administrasi dokumen kependudukan,” terang Japsenang.

Dikatakannya, program ini merupakan salah satu upaya pemerintah kabupaten Sorong Selatan dalam meningkatkan pelayanan di bidang administrasi kependudukan (Adminduk).

“Kegiatan perekaman ini masuk dalam program perekaman keliling. Jadi petugas operator yang mendatangi kediaman pemohon. Pelayanan ini dikhususkan bagi warga yang benar-benar tidak bisa keluar dari rumah atau pergi untuk melakukan perekaman e-KTP. Makanya petugas operator yang datang untuk melakukan perekaman,” terangnya.

Dijelaskan bahwa, kegiatan perekaman Keliling ini juga merupakan bentuk kerja sama pemerintah kampung Mlaswat dan Dinas Dukcapil melalui program Prospek Otsus tahun 2020 yang diprioritaskan kepada Orang Asli Papua.