Penerbangan perdana Subsidi Angkutan Udara Perintis resmi dilakukan sejak 25 Januari 2021, di Bandara APT Pranoto Samarinda. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Usulan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) tentang penerbangan Angkutan Udara Perintis Bersubsidi di Benua Etam akhirnya disetujui.

“Benar, itu usulan dari Dishub Kaltim kepada Kemenhub. Usulan itu sudah cukup lama. Kami bersyukur Pemerintah Pusat melalui Kemenhub menyetujui penerbangan ini,” kata Kadishub Kaltim, AFF Sembiring, lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com, Rabu (27/1/2021).

Menurut Sembiring, penerbangan perdana Subsidi Angkutan Udara Perintis resmi dilakukan sejak 25 Januari 2021 di Bandara APT Pranoto Samarinda.

Sedangkan pelaksanaan itu, dilakukan oleh UPBU APT Pranoto Samarinda menggunakan dana APBN 2021. “Penerbangan dilayani maskapai Susi Air,” jelasnya.

Melalui penerbangan ini, diharapkan dapat membuka daerah-daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) dan menghubungkannya ke daerah-daerah pusat kegiatan perekonomian, sehingga dapat terwujud pemerataan perekonomian dan pembangunan di Wilayah Kaltim.

Adapun rute yang diberikan, yaitu Samarinda–Long Apung (PP) dilakukan 4 kali dalam seminggu, Samarinda–Datah Dawai (PP) 4 kali dalam seminggu, Datah Dawai–Melak (PP) 1 kali dalan seminggu, Samarinda–Muara Wahau (PP) 1 kali dalam seminggu, Samarinda–Maratua (PP) 3 kali dalam seminggu, dan Kalimarau–Maratua (PP) 1 kali dalam seminggu. Sementara, jadwal Penerbangan dapat diakses melalui http://dishub.kaltimprov.go.id/

Berita lain untuk anda