Berita

Listrik Sering Padam, Penyebab Rusaknya Alat Medis di RSUD Halsel

×

Listrik Sering Padam, Penyebab Rusaknya Alat Medis di RSUD Halsel

Sebarkan artikel ini
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha, Asia Hasjim. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Pemadaman listrik yang sering terjadi, menyebabkan sejumlah peralatan medis milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) mengalami kerusakan. Akibatnya, RSUD Halsel mengalami kerusakan hingga mencapai ratusan juta rupiah.

1466
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Halmahera Selatan (Halse), mengaku rugi ratusan juta rupiah akibat pemadaman listrik yang tak menentu dari PLN Cabang Bacan.

Sejumlah peralatan yang mengalami kerusakan yakni, uninterruptible power supply, inkubator, alat sterilisai medis autoclave, alat lab, dan beberapa unit komputer, serta AC ruang VIP.

“Sangat disayangkan, lantaran jadwal pemadaman listrik yang tidak sesuai jadwal yang telah diumumkan oleh PLN Cabang Bacan,” kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha, Asia Hasjim saat dihubungi wartawan dari Ternate, Jumat (15/1/2021).

Selain itu, akibat pemadaman listrik, kinerja pelayanan di RSUD tersebut menjadi lambat. Dia kemudian mencontohkan, untuk melakukan foto rontgen, pihaknya harus menunggu listrik menyala.

“Kami memang sudah mengantisipasinya dengan menyediakan mesin genset. Namun itu tidak cukup, karena gardu induknya ada di PLN,” tandas dia.