Listrik Sering Padam, Penyebab Rusaknya Alat Medis di RSUD Halsel

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha, Asia Hasjim. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Pemadaman listrik yang sering terjadi, menyebabkan sejumlah peralatan medis milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) mengalami kerusakan. Akibatnya, RSUD Halsel mengalami kerusakan hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Halmahera Selatan (Halse), mengaku rugi ratusan juta rupiah akibat pemadaman listrik yang tak menentu dari PLN Cabang Bacan.

Sejumlah peralatan yang mengalami kerusakan yakni, uninterruptible power supply, inkubator, alat sterilisai medis autoclave, alat lab, dan beberapa unit komputer, serta AC ruang VIP.

“Sangat disayangkan, lantaran jadwal pemadaman listrik yang tidak sesuai jadwal yang telah diumumkan oleh PLN Cabang Bacan,” kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha, Asia Hasjim saat dihubungi wartawan dari Ternate, Jumat (15/1/2021).

Selain itu, akibat pemadaman listrik, kinerja pelayanan di RSUD tersebut menjadi lambat. Dia kemudian mencontohkan, untuk melakukan foto rontgen, pihaknya harus menunggu listrik menyala.

“Kami memang sudah mengantisipasinya dengan menyediakan mesin genset. Namun itu tidak cukup, karena gardu induknya ada di PLN,” tandas dia.