Biro Humas Setda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan kunjungan jurnalistik ke Kabupaten Paser. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Biro Humas Setda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan kunjungan jurnalistik ke Kabupaten Paser. Kunjungan jurnalistik keenam ini dalam rangka menindaklanjuti workshop pembelajaran jurnalistik peningkatan pemahaman kesadartahuan publik, untuk melindungi hutan.

Rombongan para jurnalis dilepas secara simbolis oleh Plh Kepala Biro Humas Setda Provinsi Kaltim, Andik Riyanto didampingi Kasubbag Publikasi Inni Indarpuri dan Kasubbag Eksternal Internal, Hj Murni.

“Saya hanya berpesan, kunjungan jurnalistik itu berbeda dengan berita biasa. Silakan tuangkan hasil liputan anda dalam karya jurnalistik yang bagus dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat, khususnya warga di sekitar hutan,” pesan Andik Riyanto lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, Senin (16/11/2020).

Andik juga mengingatkan, agar karya jurnalistik dibuat secara bijak, khususnya terkait rencana besar pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), yang merupakan rencana pemerintah pusat.

Pasalnya kata Andik, beberapa desa yang akan dikunjungi tercatat memiliki tutupan hutan yang sangat baik demgan komitmen yang baik pula dari masyarakat untuk menjaga hutan mereka. Jika pun terdapat kekurangan, tentu harus dijelaskan sebab dan langkah yang sudah dan akan dilakukan pemerintah.

“Yang jelas, karya jurnalistik harus berorientasi pada kepentingan yang lebih luas,” pesan mantan reporter dan penyiar RRI Samarinda itu.

Kepada para wartawan Andik juga mengingatkan pentingnya menjaga keselamatan dan kesehatan, baik keselamatan di jalan maupun bahaya Covid-19.

Apalagi, seluruh rombongan yang berangkat sebelumnya sudah menyerahkan hasil rapid nonreaktif.

“Harus jaga kesehatan dan keselamatan. Jangan sampai pulang justru membawa malapetaka. Malah kita yang diberitakan,” pesan Andik.

Wartawan juga diminta untuk tidak ragu bertanya kepada para pendamping dari DDPI, agar berita lebih berkualitas dan akurat.

Desa-desa yang akan dikunjungi antara lain Desa Muara Adang, Lolo dan Modang di Kecamatan Long Ikis dan Kuaro.

Berita lain untuk anda