Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Pemkab Kepsul) mulai menormalisasi dua sungai di Desa Mangoli, Kecamatan Mangoli Tengah, dan Desa Waitina, Kecamatan Mangoli Timur. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Pemkab Kepsul) mulai menormalisasi dua sungai di Desa Mangoli, Kecamatan Mangoli Tengah, dan Desa Waitina, Kecamatan Mangoli Timur. Langkah Pemkab Kepsul untuk melakukan normalisasi sungai ini, guna mencegah lebih awal banjir susulan.

Informasi yang dihimpun Teropongnews.com, Pemkab Kepsul menurunkan sejumlah alat berat, untuk menormalisasi dua sungai tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kepsul, Nursaleh Baenuru mengaku, pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah observasi dikedua desa dimaksud. Hasilnya, normalisasi memang perlu dilakukan.

“Untuk melakukan normalisasi, tentunya kami harus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Nah, kami sudah mendapat persetujuan dari masyarakat, pemerintah desa, tokoh agama serta tokoh adat kedua desa itu. Setelah mendapatkan persetujuan, kami telah menurunkan alat berat ke lokasi, dan pekerjaan sudah mulai dilakukan,” kata Nursaleh Baenuru kepada wartawan, saat dihubungi dari Ternate, Jumat (10/7).

Dia mengaku, dua desa ini sering menjadi langganan banjir, lantaran meluapnya sungai Waisengan menuju Waigafu di Desa Waitina, dan sungai menuju Waikamasuku dan Waikafau.

“Pekerjaan normalisasi ini bisa selesai, tergantung dari cuaca. Tapi kami harap cuacanya bisa mendukung, agar pekerjaan ini bisa berjalan dengan baik, dan selesai tepat waktu,” harap dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda