Selain Andalkan KIS, Mey Terapkan Pola Hidup Sehat Di Usia Senja

Mey Soukatta (60), seorang peserta Program Jaminan Kesehatan Nasonal-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang terdaftar di segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) . (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Mey Soukatta (60), seorang peserta Program Jaminan Kesehatan Nasonal-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang terdaftar di segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) sebagai pensiunan PNS, mengaku sangat mengandalkan JKN-KIS sebagai jaminan kesehatannya. Apalagi kini ia tengah memasuki usia ke 60 yang mana sangat rentan terhadap penyakit.

“Maklum, sudah tua jadi kartu JKN-KIS ini sangat penting untuk saya. Beberapa kali saya rawat jalan dengan menggunakan JKN-KIS ini dan untungnya sangat dilancarkan. Segala bentuk pengobatan selalu dijamin asal sesuai prosedur,” ceritanya kepada media ini, Rabu (10/06).

Kini ia tengah menjalani rawat inap di Rumah Sakit Mutiara Sorong. Mey pun mengaku bersyukur selalu dapat memanfaatkan JKN-KIS di saat dibutuhkan tanpa mengalami kendala yang berarti. Akibat penyakit degeneratif, ia kini sudah 1 minggu lamanya menghabiskan waktu di rumah sakit agar kondisinya terus terpantau.

“Puji Tuhan sama sekali tidak ada kendala selama saya dirawat. Hak saya sebagai peserta JKN-KIS sudah saya rasakan betul mulai dari perawatan, fasilitas, pelayanan dan kesediaan obat. Kini tinggal fokus untuk jaga pola hidup dan sembuh saja,” ujarnya tersenyum.

Tak melulu soal sakit, ia mengaku juga lebih menjaga pola hidupnya menjadi lebih sehat meski usianya tak lagi muda. Hal ini ia lakukan agar Program JKN-KIS dapat dimanfaatkan oleh peserta JKN-KIS lainnya yang lebih membutuhkan jaminan kesehatan.

Sembari menutup perbincangan, wanita kelahiran Paperu ini menyatakan harapannya untuk Program JKN-KIS agar program ini dapat terus berjalan dan semakin memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa Program JKN-KIS telah menolong masyarakat dalam segi jaminan dan pelayanan kesehatan. Menurutnya, Program JKN-KIS ini sejalan dengan prinsip gotong royong untuk membantu sesama yang membutuhkan jaminan kesehatan

<