Berita

Musisi Maluku Salut Keberanian Danyonarmed 12 Nyanyikan Lagu Berbahasa Jawa

×

Musisi Maluku Salut Keberanian Danyonarmed 12 Nyanyikan Lagu Berbahasa Jawa

Sebarkan artikel ini
Praktisi Hukum yang juga Ketua Advokat Siwalima Maluku Jakarta, Rhony Sapulette. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Musisi asal Maluku, Ronny Sapulette mengaku salut, dengan keberanian Danyonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Letkol Arm Ronald F Siwabessy yang menyanyikan lagu berbahasa Jawa, lewat lagu “Dongakno Aku Bali” (Doakan Aku Kembali).

1465
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Menurut Ronny, seorang seniman itu dituntut untuk bisa menyanyikan lagu apa saja, dan dalam bahasa apa saja. Apalagi, kata dia, dalam lagu yang dinyanyikan itu, ada pesan-pesan moral yang disampaikan Danyonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Letkol Arm Ronald F Siwabessy.

“Musik itukan ada pesan moral yang disampaikan para penyanyi, yang digoreskan lewat penciptaan lagu. Pesan moral itupun bisa dalam bahasa apa saja. Orang Jawa mungkin sentuhannya lebih kepada hati. Tetapi kalau orang diluar Pulau Jawa yang mengerti bahasa Jawa, pasti mereka akan merasa bangga. Apalagi lagu berbahasa Jawa itu, dinyanyikan oleh seseorang dari daerah lain. Bagi saya itu luar biasa,” kata Ronny kepada Teropongnews.com, via seluler, Jumat (19/6).

Menurutnya, jika berbicara soal musik, maka pasti ada sentuhannya, dan bukan asal menyanyi. Sentuhan yang dimaksudkan adalah, pesan-pesan moral yang disampaikan tersebut.

“Tujuannya adalah, untuk membuat suatu perubahan agar orang bisa berubah lebih baik. Bisa saja, itu juga menjadi titipan-titipan yang baik untuk perubahan. Kalau di Eropa itu, mereka menyampaikan rasa cinta melalui bunga. Tapi kalau orang Maluku, dia menyampaikan cintanya lewat lagu. Lagu itu bisa berkarakter dengan jenis lagu apa saja, dan dalam bahasa apa saja,” ungkap salah satu personil Nanaku Grup ini.

Masyarakat Maluku khususnya Kota Ambon, kata Ronny, harus bangga karena ada orang Ambon yang bisa menyanyikan lagu berbahasa Jawa, apalagi yang bersangkutan adalah salah satu petinggi di tubuh TNI.

“Bagi saya rasa nasionalis dari Danyonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Letkol Arm Ronald F Siwabessy sangat luar biasa. Saya kira, kita harus belajar banyak dari Bung Ronald Siwabessy ini,” tandas Ronny.