Berita

Wakil Bupati Geram, Hewan Ternak Berkeliaran di Jalan

×

Wakil Bupati Geram, Hewan Ternak Berkeliaran di Jalan

Sebarkan artikel ini
Hewan ternak yang berkeliaran di jalan utama perkampungan. Foto end.

Talaud, TN – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Moktar Parapaga menginstruksikan kepada seluruh Kepala Kecamatan di seluruh Talaud untuk segera menertibkan hewan ternak warga di setiap kampung, terutama anjing dan babi peliharaan.

“Saya beberapa waktu lalu melakukan kunjungan ke kampung-kampung. Di tengah perjalanan, mobil saya harus terhenti karena banyak hewan ternak yang tidur dan juga menyebrang di jalan,”kata wakil bupati, di hadapan seluruh camat, di Melonguane, belum lama ini.

Sambungnya, himbauan kepada seluruh warga untuk mengkandangkan atau mengikat hewan peliharaan harus segera disampaikan, baik melalui tempat ibadah, ataupun himbauan langsung kepada kepala desa dan masyarakat.

“Kalau tidak diindahkan, kita ambil langkah tegas, dijaring atau ditangkap. Ini tidak bisa dibiarkan, karena dapat mengganggu perjalanan dan keindahan kampung,” tegas wakil bupati.

Selain itu, tambah wakil bupati, dengan berkeliarannya hewan ternak di jalan dan di lingkungan rumah, dapat menimbulkan penyakit karena tidak bersih.

“Bayangkan kita makan, ada lalat yang hinggap dan lalat itu juga hinggap di kotoran ternak. Sudah pasti tidak sehat dan dapat menimbulkan penyakit,” tuntas wakil bupati.