Berita

Tak Kenal Kompromi Dengan Pelaku Narkoba, Perwira Polisi Ini Menjabat Kapolsek Aimas

×

Tak Kenal Kompromi Dengan Pelaku Narkoba, Perwira Polisi Ini Menjabat Kapolsek Aimas

Sebarkan artikel ini
Kapolres Sorong, AKBP Robertus A.Pandiangan S.Ik, menandatangani berita acara serah terima jabatan sejumlah perwira yang ada di Polres Sorong dan jajarannya. (Foto:Humas Polres/TN)

Aimas, TN – Tampuk kepemimpinan Polsek Aimas mengalami pergantian, dari AKP Indro Rizkiadi ke AKP Farial Mandalata Ginting SH, S.Ik. Pelantikan dan serahterima jabatannya, dilakukan di Aula Patriatama Polres Sorong, Senin (20/4/2020).

Sebelum menjabat Kapolsek Aimas, Ginting adalah Kasat Narkoba Polres Sorong sejak 3 Desember 2018. Perwira polisi dengan tiga balok di pundak ini, tergolong kontroversial. Beberapa kali gebrakan Satuan Narkoba dibawah kepemimpinannya, menarik perhatian masyarakat.

Belum genap 2 bulan sejak dilantik sebagai Kasat Narkoba Polres Sorong, aksi penangkapan tersangka narkoba yang dilakukan Ginting bersama anak buahnya, memicu reaksi massa. Penyebabnya, Indra Wijaya, salah seorang tersangka narkoba yang ditangkap, meninggal dunia setelah terkena tembakan polisi.

Sebagai Kasat Narkoba, Ginting juga dikenal tidak mau kompromi terhadap pelaku kejahatan narkotika. Meski itu adalah rekan seprofesi, Ginting tak segan menyeretnya ke jeruji besi jika dia terbukti menggunakan narkoba.

Ketegasan sikapnya ini dibuktikan ketika meringkus AKP Julfian Freddy Sihombing, oknum perwira polisi yang gemar menghisap sabu-sabu. Dari penangkapan yang dilakukan di rumah kos tersangka pada 1 Agustus 2019 ini, Ginting menyita barang bukti sabu seberat 0,45 gram.

Tindakan tegas yang juga menarik perhatian masyarakat adalah ketika dia menangkap seorang perempuan yang namanya cukup dikenal di dunia youtuber  Sorong Raya. Meski hanya terlibat dengan barang bukti berupa percakapan melalui WhatsApp, Ginting tetap menyeret yang bersangkutan ke bui.

“Kan bunyi pasalnya sudah jelas. Jadi saya tidak akan pernah kompromi dengan pelaku tindak pidana narkoba. Kalau tidak mau pakai baju tahanan, jangan coba-coba mendekati narkoba,” kata Ginting.

Kini, jabatan Kasat Narkoba yang ditinggalkan Ginting, digantikan oleh Iptu Laurensius Madya Wayne S.TK, yang sebelumnya menjabat Kanit Reskrim Polsek Sorong Timur, Kota Sorong.

Selain Ginting, dalam serahterima jabatan yang dipimpin Kapolres Sorong, AKBP Robertus A.Pandiangan S.Ik ini, kursi Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) juga mengalami pergantian, dari AKP Emmy Fenitiruma ke AKP Syarifur Rahman S.Ik, yang sebelumnya menjabat Kasat Reskrim Polres Sorong Kota.

Dalam mutasi jabatan yang tertuang melalui Surat Keputusan Kapolda Papua Barat Nomor 102/III/2020 tertanggal 26 Maret 2020 ini, juga menempatkan IPTU Abdul Aziz SH dari Kapolsek Seget menjadi Kasat Intelkam Polres Sorong, menggantikan Iptu Nanang Mulyana.

Kursi yang ditinggalkan Abdul Aziz, kini ditempati Ipda Dhira Justitia Sutriyodi S.TrK, yang sebelumnya menjabat Panit 1 Subdit 1 Direktorat Intelkam Polda Papua Barat. **