Berita

Di Kaimana Penyebaran Berita Hoax Lewat Medsos Dipantau Polisi

×

Di Kaimana Penyebaran Berita Hoax Lewat Medsos Dipantau Polisi

Sebarkan artikel ini
Polres Kaimana brupaya mengoptimalkan cyber troop. Foto emos/TN.

Kaimana, TN- Polres Kaimana brupaya mengoptimalkan cyber troop. Hal itu dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyebaran berita hoax, terkait penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Kaimana.

Aktifitas cyber troop bertujuan akan memantau penyebaran informasi hoax yang dilakukan netizen di Kaimana, baik melalui akun tweeter, facebook, instagram, maupun Whatsapp.

Demikian ditegaskan Kapolres Kaimana, AKBP Iwan P Manurung, ketika dikonfirmasi melalui tetelpon celullarnya, Kamis (9/4).

Menurutnya, penyebaran informasi yang tidak benar di kabupaten Kaimana, intensitasnya semakin tinggi, sehingga perlu ada tindakan tegas dari aparat keamanan kepada akun-akun yang sengaja maupun tidak sengaja menyebarkan berita hoax di akun medsos, khususnya pengguna medsos di Facebook yg semakin marak.

“Berita hoax ini kita harapkan supaya tidak ada lagi terkait dengan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kaimana. Masyarakat juga kami minta supaya tidak begitu saja percaya dengan isu maupun informasi yang mereka dapatkan. Karena belum tentu informasi tersebut benar adanya, sehingga kami minta kepada masyarakat Kaimana untuk tetap cerdas dan jeli melihat informasi yang beredar di medsos terkait penanangan Covid-19 ini,” tegasnya.

Kapolres Iwan juga menegaskan bahwa penyebaran berita hoax di media sosial juga mempunyai dampak hukum yang tidak bisa dianggap remeh.

“Karena pasti ada dampak hukumnya dan tidak main-main. Sehingga barangsiapa yang dengan sengaja maupun tidak sengaja menyampaikan atau menyebarkan informasi hoax di medsos, tentunya terus kami pantau melalui tim cyber troop kami,” ungkapnya.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kaimana untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang, ataupun nongkrong-nongkrong di tempat-tempat publik.

“Sesuai dengan instruksi pemerintah, maka kami berharap masyarakat terus berada di rumahnya masing-masing. Jangan beraktifitas di luar rumah kecuali kepentingan yang sangat urgent, sehingga kita bisa memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kaimana. Mari kita jaga agar Kaimana ini tetap menjadi kota yang bersih dari Corona, dan ini membutuhkan kerjasama seluruh masyarakat di Kabupaten Kaimana,” pungkasnya.