Berita

Saluran Air Macet, Komplek Rumah Wakil Bupati Kumuh Dengan Sampah

×

Saluran Air Macet, Komplek Rumah Wakil Bupati Kumuh Dengan Sampah

Sebarkan artikel ini
Rumah Wakil Bupati Sorong di Jl Gambas Kelurahan Malawele, Distrik Aimas. (Foto:Tantowi/TN)

Aimas, TN – Para relawan dari Forum Peduli Rakyat (FPR) dan Babinsa Kelurahan Malawele yang melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah Suka Harjono S.Sos M.Si, Wakil Bupati Sorong, Minggu (29/3/2020), mendapati lingkungan yang kumuh dan bau sampah.

Persis di depan rumah orang nomor dua di Kabupaten Sorong di Jl Gambas RT 4 RW 5 Kelurahan Malawele ini, menjadi tempat pembuangan sampah. Sementara tempat sampah yang dibagikan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, hanya tinggal besi penyangganya.

“Bau sekali disini. Persis di depan rumah Pak Wakil lagi,” kata Wardoyo, salah seorang relawan saat mendekat ke pagar rumah yang berdiri megah itu.

Para relawan yang sedianya beramai-ramai menyemprotkan cairan disinfektan ke rumah itu, hanya berkerumun agak menjauh. Babinsa Kelurahan Malawele ditemani Kepala Distrik Aimas, Yuri S.Sos dan beberapa orang saja yang akhirnya masuk menyemprot ke rumah Wakil Bupati itu.

Saluran air di depan rumah Wakil Bupati Sorong yang mampet karena penuh dengan rumput liar dan botol bekas minuman.

Selain masalah sampah yang dibuang di depan rumah dan tak patut menjadi contoh ini, saluran air yang ada di depan rumah itu juga penuh dengan sampah dan rumput liar. Akibatnya, air comberan yang seharusnya mengalir lancar ke muara, terhenti tidak bisa kemana-mana.

“Kalau hujan disini itu banjir,” kata salah seorang warga, yang rumahnya tidak jauh dari rumah Wakil Bupati.

Kepala Distrik Aimas, Yuri S.Sos prihatin dengan kondisi lingkungan seperti itu, apalagi berada di komplek rumah Wakil Bupati.

“Seharusnya seminggu sekali, atau paling lama satu bulan sekali, warga melakukan kerjabakti membersihkan lingkungan, biar tidak kumuh begini. Apalagi ini kan komplek rumah Wakil Bupati,” tandas Yuri. **