Hati-Hati! Jumlah ODP Covid -19 Papua Jadi 2057 Orang

Jayapura, TN – Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid 19 di Provinsi Papua mengalami lonjakan cukup tajam. Angka ODP Papua mencapai 2057 orang per pukul 19.00 WIT, Jumat (27/3/2020).

“Jika dibandingkan dengan kemarin (26 Maret, Red) jumlah ODP sebanyak 820 orang, angka tersebut naik per hari ini menjadi 2057 orang, , jadi terjadi peningkatan yang sangat signifikan,” kata Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) kepada wartawan, Kamis (27/3/2020) malam.

Bertambahnya jumlah ODP ini menurut Sumule berdasarkan hasil survellans, yang sudah membangun jejaring dari kasus PDP yang selanjutnya dilakukan penggalian data. Mereka yang sudah masuk dalam daftar ODP ini, kata Sumule akan dipantau terus-menerus.

“Kami berikan edukasi , termasuk meminta ketika ada keluhan segera melakukan konfrimasi jika terdapat gejala atau segera memeriksakan di RS atau puskesmas terdekat,” kata Sumule menambahkan para ODP ini wajib melakukan karantina mandiri.

Terkait dengan jumlah PDP sebelumnya sebanyak 41 orang, menurut Sumule sudah ada yang pulang lantaran statusnya negative. Ke 4 orang ini masing-masing berasal dari Biak 2 orang, Yapen dan Merauke masing-masing 1 orang.

Kemudian ada pertambahan 7 orang untuk Kasus PDP dari Mappi 2 orang, Kabupaten Jayapura 1 Orang, Merauke 2 orang dan Boven Digoel terdapat 7 orang.