Tactical Floor Game (TFG) Operasi Mantap Praja Matoa 2020, yang berlangsung di Aula Polres Merauke, Kamis (27/8). Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di wilayah Kabupaten Merauke diawali dengan menggelar Tactical Floor Game (TFG) Operasi Mantap Praja Matoa 2020, yang berlangsung di Aula Polres Merauke, Kamis (27/8).

Kegiatan ini dipimpin Kapolres Merauke AKBP Ary Purwanto, S.IK yang dihadiri pimpinan dan perwakilan TNI, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Wadanyon Brimob serta perwira Polres Merauke.

“TFG merupakan teknik dalam suatu permainan yang dimainkan di atas lantai. Skenario TFG ini diasumsikan bila terjadi suatu pergerakan massa yang tidak puas dengan hasil rapat pleno Pilkada,” ujar Kapolres Merauke dalam arahannya.

Kapolres menjelaskan, kegiatan ini lebih pada teknis penanganan awal dan pembubaran massa saat terjadi tindakan anarkis. Sebab, semua tahapan Pilkada memiliki karakteristik dan kerawanan berbeda.

Dengan TFG ini lanjut dia, masing-masing stakeholder akan memiliki gambaran keterlibatannya, sehingga satu sama lain bisa saling bersinergi dan satu persepsi cara bertindaknya.

“Saya yakin dan percaya masyarakat Merauke adalah masyarakat yang cerdas dan cinta damai. Tidak akan mudah terprovokasi,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan teknis,secara detail Kabag Ops AKP Erol Sudrajat,S.Sos,M.Si menjelaskan, dengan rinci tahapan tahapan pergeseran pasukan serta tata cara penanganan dalam menghadapi situasi mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda