Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Warga Galala: Paslon BETA Layak Pimpin Kota Ambon

×

Warga Galala: Paslon BETA Layak Pimpin Kota Ambon

Sebarkan artikel ini
Warga Desa Galala-Hative Kecil, Fredrik. Foto-Rudy Sopaheluwakan/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ratusan warga Galala-Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon memadati lokasi kampanye pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon 2024-2029 nomor urut dua (2) Bodewin M. Wattimena dan Ely Toisutta.

Kampanye paslon dengan slogan BETA Par Ambon ini berlangsung di kawasan RT 002/RW 03, Hative Kecil, Senin (30/9/2024).

Example 300x600

Kedatangan keduanya, disambut meriah oleh warga sekitar, diiringi musik dan tarian adat Toraja, Pagelu.

Seperti kampanye-kampanye sebelumnya, paslon BETA Par Ambon selalu menyampaikan visi misi serta 17 program prioritasnya. Masyarakat yang datang pun sangat tertarik dengan apa yang disampaikan kedua paslon tersebut.

“Pak Bodewin dan ibu Ely layak jadi pemimpin di Kota Ambon,” ungkap salah seorang warga, Fredrik yang hadir dalam kampanye tersebut.

Menurut Fredrik, pasangan BETA Par Ambon memiliki gagasan yang tepat, untuk mengatasi persoalan yang ada di Kota Ambon.

Untuk itu, sudah sepantasnya pasangan ini diberikan dukungan, agar bisa memenangkan Pilkada Kota Ambon di 27 November 2024 nanti.

“Semua gagasan (visi misi) yang dipaparkan paslon BETA sangat bagus, dan saya rasa itu yang masyarakat butuhkan saat ini,” tandasnya.

Berikut ini Visi dan Misi serta Program Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon 2024-2029 nomor urut dua (2), Bodewin Wattimena dan Ely Toisutta.

Visi

1. AMBON MANISE
Menggambarkan sifat “Manis” yang sudah mengalir dalam raga masyarakat Kota Ambon, yang terkandung di dalam mencakup: Maju Aman, Nyaman, Indah, Sehat dan Sejahtera.

2. INKLUSIF

Dalam konteks pembangunan Kota Ambon, “Inklusif” dimaknai sebagai pembangunan yang memberi ruang, akses dan melibatkan semua komponen pembangunan dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan.

3. TOLERAN

Dalam konteks pembangunan Kota Ambon, “Toleran” memiliki makna Ambon toleran terhadap suku, agama, ras, Ambon terbuka terhadap keragaman yang dapat beradaptasi dengan segala keanekaragaman dan menjadikan itu sebagai modal untuk menjadi kota yang berbudaya maju dengan semangat Ambon Par Samua.

4. BERKELANJUTAN

Dalam perspektif pembangunan jangka panjang Kota Ambon, arti dari “Berkelanjutan” mencakup upaya untuk memastikan, bahwa pembangunan yang dilakukan saat ini tidak hanya memperhatikan kondisi saat ini saja, serta tidak mengorbankan kemampuan generasi masa depan, untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri dalam seluruh bidang pembangunan.
Disamping itu konsep ketangguhan juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan yang berkelanjutan, baik dari aspek ekonomi, sosial, lingkungan maupun kelembagaan.

MISI

1. MEWUJUDKAN AMBON MANISE

Misi ini dimaksudkan untuk memantapkan pembangunan Kota Ambon menuju Ambon yang Maju, Aman, Nyaman, indah, Sehat dan Sejahtera melalui akselerasi pembangunan pada berbagai bidang, sehingga memastikan seluruh warga kota dapat hidup, beraktifitas, bekerja dan menikmati kehidupan secara baik dan bermartabat.

2. MEWUJUDKAN AMBON INKLUSIF

Misi ini dimaksud untuk mewujudkan Kota Ambon sebagai kota yang adil dan sejahtera bagi semua kelompok masyarakat baik dari aspek fisik, sosial, maupun ekonomi.

Dalam konteks fisik, berarti membangun dan merancang infrastruktur yang dapat diakses, dan digunakan oleh semua orang, tanpa ada diskriminasi.

Dalam konteks sosial, inklusif bermakna bahwa pembangunan tidak mengesampingkan peran, hak dan kewajiban individu dalam masyarakat, termasuk kebutuhan khusus. Sedangkan dalam konteks ekonomi, inklusif bermakna, bahwa pembangunan menciptakan akses dan kesempatan yang luas bagi seluruh lapisan masyarakat secara berkeadilan, meningkatkan kesejahteraan, serta mengurangi kesenjangan antar kelompok dan wilayah.

3. MEWUJUDKAN AMBON TOLERAN

Misi ini dimaksudkan untuk mewujudkan Kota Ambon sebagai kota yang toleran, karena secara faktual Kota Ambon sebagai ibukota Provinsi Maluku dihuni oleh masyarakat multi etnis dan multi agama.

Keberagaman ini selain membawa manfaat, juga bisa menjadi pemicu konflik apabila tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, perlu ada kebijakan-kebijakan yang dibuat untuk mendukung Kota Ambon sebagai Kota Toleran sehingga upaya-upaya berkelanjutan dalam mengelola keberagaman bisa berjalan secara optimal

4. MEWUJUDKAN AMBON BERKELANJUTAN

Misi ini dimaksudkan untuk mewujudkan Ambon, sebagai kota berkelanjutan dalam semua aspek yang secara efektif bisa mengelola sumberdaya secara baik, tanpa menimbulkan ancaman pada generasi yang akan datang dengan prioritas pada Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan; Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan; Keadilan Sosial dan Kesetaraan; Peningkatan Infrastruktur yang Ramah Lingkungan; Pembangunan Budaya dan Kearifan Lokal; Partisipasi Masyarakat dan Pemangku Kepentingan.

Dan Berikut 17 Program Prioritas dari BETA Par Ambon:

1. Akses air bersih kepada masyarakat.

2. Pengelolaan persampahan dan penataan lingkungan.

3. Mengurangi kemacetan melalui pembangunan jalan alternatif, rekayasa lalu lintas dan penataan transportasi publik.

4. Perbaikan jalan, penataan pasar, penataan permukiman kumuh, perbaikan fasilitas umum maupun fasilitas pelayanan publik lainnya yang ramah disabilitas.

5. Penyediaan lapangan kerja melalui kemudahan investasi, pengembangan UMKM, bantuan modal usaha, serta kemudahan akses lapangan kerja bagi penyandang disabilitas.

6. Pelayanan publik yang mudah dan terjangkau melalui Mall Pelayanan Publik dan bebas pungli.

7. Membangun ekosistem ekonomi kreatif guna mendukung Ambon City of Music.

8. Pelayanan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas.

9. Peningkatan pendapatan daerah melalui intensifikasi sumber-sumber pendapatan.

10. Walikota Jumpa Rakyat sebagai wadah perjumpaan masyarakat dengan pemimpinnya.

11. Pengembangan konsep Pariwisata Terintegrasi.

12. Penataan birokrasi yang kapabel, handal dan bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

13. Melanjutkan pengembangan Ambon Smart City.

14. Penanggulangan kemiskinan melalui kegiatan pemberdayaan, hibah, dan bansos.

15. Penguatan peran lembaga keagamaan, FKUB, serta pemberian insentif Tuagama, Penjaga Gereja, Penjaga Masjid, Penjaga Pura, Penjaga Wihara, dan unsur lainnya sesuai kemampuan keuangan.

16. Penguatan peran pemuda dalam industri kreatif.

17. Fasilitasi penguatan peran lembaga adat, ormas, OKP, LSM, forum anak, organisasi paguyuban dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Example 300250
Example 120x600