Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Bisnis

Semen Merah Putih Latih dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di Serang

×

Semen Merah Putih Latih dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di Serang

Sebarkan artikel ini
Program pelatihan Mandor Pintar Institute (MPI) di Serang. Foto Semen Merah Mutih atau CMNT.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Produsen Semen Merah Putih, PT Cemindo Gemilang Tbk (CMNT) menggelar pelatihan kompetensi dan menyertifikasi tenaga kerja konstruksi (TKK) melalui program Mandor Pintar Institute (MPI) Angkatan XV dan XVI di Serang, Banten.

Adapun kerja sama yang bertujuan meningkatkan kompetensi TKK ini dilakukan oleh CMNT, turut menggandeng Balai Jasa Konstruksi Wilayah III (BJKW) Jakarta Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR dan Komisi V DPR RI.

Example 300x600

Brand & Communication Manager Semen Merah Putih Galih Soetrisno mengatakan kegiatan yang diikuti 100 peserta tersebut terbagi dalam dua batch pada 25-28 September 2024. Ini selaras dengan komitmen perusahaan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia melalui program pelatihan MPI.

Galih berkata, melalui program MPI, Semen Merah Putih berharap dapat mencetak tenaga konstruksi yang kompeten dan andal, demi kualitas infrastruktur yang lebih baik.

“Program nasional ini memang sepenuhnya diniatkan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja konstruksi di seluruh Indonesia. Pada akhirnya, mutu bangunan dan konstruksi di Indonesia dan kesejahteraan pekerja akan meningkat,” kata Galih dikutip dari siaran pers resmi di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

MPI menawarkan berbagai program pelatihan dan sertifikasi yang mencakup beberapa tingkat, mulai dari dasar hingga tingkat lanjutan. Berbagai keterampilan yang dibutuhkan dalam berbagai aspek pekerjaan konstruksi masuk di dalamnya. Pelatihan ini memenuhi standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan mengikuti perkembangan teknologi serta metode kerja terkini.

Galih menuturkan, Semen Merah Putih meyakini investasi dalam pengembangan SDM adalah investasi untuk masa depan. Dengan menyediakan pelatihan yang berkualitas dan sertifikasi yang diakui, pihaknya berharap MPI dapat menjadi solusi untuk tantangan yang dihadapi sektor konstruksi saat ini.

“Serta menciptakan peluang kerja yang lebih baik bagi tenaga kerja lokal,” katanya.

Galih menekankan, MPI menciptakan tenaga kerja yang tidak hanya terampil secara teknis, tetapi juga memahami secara komprehensif praktik terbaik dalam industri konstruksi. Inisiatif ini sejalan dengan visi perusahaan yang berperan aktif dalam mendukung pembangunan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia.

Ia memastikan, Semen Merah Putih tidak hanya berfokus pada penyediaan produk berkualitas, tetapi juga pada pengembangan ekosistem konstruksi yang lebih luas termasuk meningkatkan kompetensi pekerja di lapangan.

“Oleh karena itu, melalui program pelatihan sertifikasi ini, Semen Merah Putih berharap dapat berkontribusi dalam mencetak tenaga konstruksi yang kompeten dan andal, sehingga kualitas konstruksi di Indonesia akan semakin lebih baik,” ujar Galih.

Ia menambahkan, program ini merupakan bagian dari inisiatif MPI yang dikembangkan oleh Semen Merah Putih dalam meningkatkan literasi dan kompetensi pekerja konstruksi.

Selain pelatihan dan sertifikasi teknis, MPI juga memberikan edukasi mengenai teknik aplikasi yang benar sesuai standar SKKNI Bangunan Gedung. Edukasi ini mencakup seluruh proses, mulai dari pencampuran material hingga aplikasi akhir, guna menghasilkan bangunan berkualitas tinggi.

“Melalui program sertifikasi ini, Semen Merah Putih berupaya mencetak tenaga kerja konstruksi yang kompeten dan profesional, sehingga dapat berkontribusi pada pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan berkelanjutan,” kata Galih.

Example 300250
Example 120x600