Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPILKADA 2024

Ridwan Kamil dan Tim Ahli Tengok BKT Lihat Potensi Riverway

×

Ridwan Kamil dan Tim Ahli Tengok BKT Lihat Potensi Riverway

Sebarkan artikel ini
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil. Foto: ist.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Calon Gubernur nomor urut 01 Ridwan Kamil menengok langsung Banjir Kanal Timur (BKT), Minggu (13/10/2024), bersama dengan tim ahli yang juga juru bicara pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), Bernardus Djonoputro, akrab disapa Bernie.

Kedatangan Ridwan Kamil dan tim kali, sekitar pukul 07.10, ini untuk meninjau potensi jalur air atau riverway di BKT.

Example 300x600

Mantan Gubernur Jawa Barat ini menyebut, seharusnya naturalisasi di BKT ini masih dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta. Namun setelah dirinya meninjau langsung, terlihat aliran air BKT di musim kemarau ini sangat dangkal.

“Waktu zaman Pak Ahok itu pengerukan itu rutin. Nah sekarang saya nggak lihat ada ekskavator ya, sehingga terjadi pendangkalan. Nah harusnya BKT ini bisa lebih dalam lagi, nanti kita sempurnakan SOP-nya, ya,” ujar Ridwan Kamil di lokasi.

Jika nanti dirinya terpilih menjadi gubernur di Jakarta, naturalisasi sungai akan diteruskan. Menurut Ridwan Kamil, sungai-sungai di Jakarta memiliki potensi dijadikan alternatif transportasi dan pariwisata.

“Ya nanti dikaji dulu, gagasan itu kan datang dari zaman Pak Sutiyoso di rute-rute yang memungkinkan, di mana yang memungkinkan itu masih dikaji,” kata Ridwan Kamiil.

Senada, Jubir RIDO, Bernardus Djonoputro alias Bernie menyebut BKT memiliki potensi bagus untuk dijadikan alternatif transportasi demi mengurai kemacetan di Jakarta.

“Nah, sungai itu kalau dia normal dan natural, sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan transportasi, bisa juga wisata. Nah, tentu ada syaratnya. Syaratnya airnya bagus, kemudian kedalamannya pas, kemudian debit airnya baik,” ujar Bernie di lokasi.

Bernie menyebut, setelah dirinya dan Ridwan Kamil melihat langsung debit air di BKT yang terlihat dangkal saat musim kemarau, maka terlebih dahulu harus dinaturalisasi.

“Memang banyak sampah, sedimennya juga banyak. Kalau dinaturalisasi, akan kembali normal, atau kita beri ruang yang biasa disebut room for river. Artinya, sungainya dikasih ruang yang bagus. Maka dia bisa dipergunakan untuk wisata, misalnya. Kemudian juga di kota, Banjir Kanal Barat di Tanah Abang juga bisa dimanfaatkan.” kata Bernie.

Bernie menyebut, jika sungai sudah bisa dinaturalisasi, maka sejalan dengan keinginan Ridwan Kamil menjadikan sungai sebagai alternatif transportasi dan juga wisata.

“Nah, itu yang dimaksud oleh Pak Ridwan Kamil, bahwa sungai bisa dimanfaatkan untuk kegiatan, baik transportasi, pariwisata, atau yang lain. Selain itu, pinggirannya bisa dijadikan tempat warga untuk bertemu. Kita harus merubah cara kita memandang sungai,” kata dia.

Setelah meninjau BKT, Ridwan Kamil menjajal pedestrian di sisi BKT sekaligus olahraga pagi. Di sepanjang jalan, Ridwan Kamil sempat senam bersama ibu-ibu di sekitar. Tak lupa juga Ridwan Kamil menyapa warga dan memberikan kesempatan untuk swafoto bersama.

Example 300250
Example 120x600