Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Olahraga

Pengakuan Calvin Verdonk Lebih Nyaman Jadi Bek Tengah dari pada Bek Kiri

×

Pengakuan Calvin Verdonk Lebih Nyaman Jadi Bek Tengah dari pada Bek Kiri

Sebarkan artikel ini
Calon pemain naturalisasi Calvin Verdonk saat membela klub N.E.C Nijmegen,(Foto: instagram/c.verdonk).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Bek timnas Indonesia Calvin Verdonk membeberkan dirinya lebih nyaman bermain di posisi bek tengah ketimbang bek kiri. Menurutnya, akan memberinya keleluasaan dalam menciptakan serangan dari lini pertahanan.

Diketahui, Verdonk kerap diturunkan sebagai bek kiri oleh pelatih Shin Tae-Yong dengan formasi andalan 3-4-3. Dirinya juga tampil apik saat membela timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Example 300x600

Namun, pemain asal klub NEC Nijmegen itu menjelaskan alasan utama ketertarikannya menjadi bek tengah. Ia menilai posisi itu cukup krusial dan banyak terlibat dalam sebuah pertandingan.

“Saya suka sistem itu (menjadi bek tengah dalam formasi lima bek). Tidak perlu berduel dengan pemain tinggi, banyak menguasai bola, bisa membangun serangan dan permainan ada di depan Anda,” ujar Verdonk dalam wawancaranya dengan ForzaNEC, dikutip Rabu (23/10/2024).

“Saya juga suka bermain di tengah dengan empat bek, karena lebih terlibat di pertandingan di banding bek kiri. Selain itu, juga lebih mudah bermain di tengah dalam duel-duel. Sebagai full back, Anda sering dituntut cepat, dan ada pemain lincah yang berhadapan dengan Anda.” sambungnya.

Verdonk menjeleaskan lebih sulit saat menghadapi penyerang kidal yang bisa mengancam lini pertahanan dengan kemampuan kaki kiri mematikan.

“Kadang-kadang ada pemain kidal yang sering melakukan pergerakan ke dalam. Jika demikian, maka Anda harus lebih banyak berputar-putar. Saya tidak mengatakan saya lebih suka bermain di tengah, tapi itu lebih menyenangkan.” kata Verdonk memungkasi.

Example 300250
Example 120x600