Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pemkab Bangkalan Tertarik Jalin Kerjasama dengan Pemkot Bandung

×

Pemkab Bangkalan Tertarik Jalin Kerjasama dengan Pemkot Bandung

Sebarkan artikel ini
Pemkot Bandung, saat menerima kunjungan kerja ke Pemkot Bandung, di Balai Kota Bandung, Senin (7/10/2024). Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, Provinsi Jawa Timur tertarik menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, dalam penggunaan teknologi untuk pelayanan publik. Termasuk juga kerjasama dalam bidang pembangunan sumber daya manusia warga Bangkalan.

Hal itu diungkapkan oleh Penjabat Bupati Bangkalan, Arif M. Edie saat melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Bandung, di Balai Kota Bandung, Senin (7/10/2024).

Example 300x600

“Bangkalan saat ini sedang melakukan beberapa kegiatan, salah satunya loncatan teknologi. Sehingga kami berkunjung ke Kota Bandung, untuk mereplikasi berbagai inovasi percepatan kemajuan daerah,” katanya.

Ia mengaku, ada sejumlah hal yang tengah dilakukan oleh Pemkab Bangkalan, untuk memajukan dan mensejahterakan warganya. Mulai dari peningkatan pajak daerah retribusi, pajak parkir, hingga pajak restoran.

Selain itu, Pemkab Bangkalan juga tengah berupaya menyiapkan pemberian makanan bergizi pada tahun 2025 mendatang. Oleh karenanya, Arif mengaku butuh pencerahan dari Pemkot Bandung.

“Tentunya kami ingin sekali mohon bantuan, Kota Bandung menjadi daerah yang sudah mapan secara struktur ekonomi, PAD hingga sistem. Harapannya, bisa kami replikasi,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Bandung, Dharmawan mengaku, banyak potensi yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan pajak.

“Di Kota Bandung wajib pajak tertib juga. Sehingga pendapatan pun bisa sesuai target,” ungkapnya.

“Kuliner di Kota Bandung ini juga cukup banyak, asli makanan nusantara hingga makanan luar pun bervariatif. Ini salah satu sumber pendapatan pajak yang signifikan,” katanya.

Ia menambahkan, Bandung sebagai kota jasa terus diupayakan mampu memberikan pelayanan jasa, bagi masyarakat hingga wisatawan secara maksimal.

“Orientasi layanan di Kota Bandung harus baik. Tentunya Kota Bandung ini pusat jasa, sehingga kami mengandalkan pariwisata, kuliner, dan lainnya,” ujar Dharmawan.

Selain itu, program Buruan Sae pun bisa diduplikasi oleh Kabupaten Bangkalan. Pasalnya program unggulan Kota Bandung ini telah diakui dunia Sebagai program yang bisa dilakukan oleh masyarakat dengan mudah.

“Ini bisa digunakan di lahan yang terbatas, juga menghasilkan nilai ekonomi. Jadi, semua masyarakat bisa memanfaatkan program ini,” tandas dia.

Example 300250
Example 120x600