Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPILKADA 2024

Gen Z Curhat tentang Sulitnya Cari Kerja, Ridwan Kamil Siapkan Solusinya

×

Gen Z Curhat tentang Sulitnya Cari Kerja, Ridwan Kamil Siapkan Solusinya

Sebarkan artikel ini
Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil, di Jakarta Selatan, Selasa (22/10/2024). Foto: ist.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil mengungkapkan keinginannya untuk membereskan permasalahan anak muda, terutama yang mengaku kesulitan dalam mencari pekerjaan di Jakarta. Keinginan tersebut disampaikan Ridwan Kamil setelah mendengar curahan hati (curhat) dari generazi Z dalam acara ‘IDN – Gen-Z Summit (Youth Voice, Local Choice: Redefining Leadership in Indonesia’s Region)’ di The Tribrata Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (22/10/2024).

Dalam helatan itu, Ridwan Kamil mengatakan, para Gen Z curhat soal sulitnya mencari pekerjaan. Belum lagi soal persyaratan yang dinilai mereka sangat memberatkan. “Tentang pekerjaan, syarat kerja yang agak rumit gitu, dinilai terlalu berat. Ini jadi catatan. Tadi kami tak hanya menyampaikan apa yang menjadi pikiran, tetapi juga mendengarkan curhatan mereka,” ujarnya.

Example 300x600

Nantinya, ia akan menelisik lebih dalam persyaratan apa saja yang dinilai memberatkan para pelamar kerja, namun telah dianggap normal oleh perusahaan. Ridwan Kamil memastikan akan bersikap adil berkaitan dengan hal tersebut.

“Nanti komitmennya syarat-syarat yang memberatkan yang selama ini dianggap biasa-biasa saja, seolah normal ini akan kita lihat dan kita kaji bersama. Yang penting kita harus menghadirkan komitmen untuk melakukan reformasi yang adil,” ucap dia.

Ridwan Kamil mengatakan sudah mulai membisiki para pemimpin perusahaan untuk mempermudah pelamar dalam mendapat pekerjaan sesuai dengan keahliannya. Bahkan, mantan Gubernur Jawa Barat itu juga akan meminta perusahaan untuk mempekerjakan teman-teman disabilitas.

“Saya sampaikan dua hal di forum dengan CEO. Pertama, tolong bikin yang namanya program magang. Magang kan biasanya hanya di pemerintahan, saya ingin push juga ke swasta. Kedua, buat disabilitas juga harus diberikan porsi yang baik, memadai selama dia bisa bekerja,” ungkapnya.

Suami dari anggota DPR RI Atalia Praratya itu memastikan akan menghadirkan solusi tentang sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan dengan beragam program yang sudah diusungnya jika terpilih dalam Pilkada Jakarta 2024.

Sekadar informasi, dalam bidang pekerjaan, pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) berencana meningkatkan akses dan kesempatan kerja bagi masyarakat Jakarta, memperkuat keterampilan tenaga kerja, mendukung digitalisasi UMKM, serta mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal melalui wirausaha dan program pelatihan yang komprehensif.

Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menciptakan proyek-proyek padat karya di tingkat kelurahan agar terjadi penyerapan tenaga kerja secara cepat dalam jangka waktu pendek. Selain itu, pasangan RIDO juga akan membuat platform resmi ketenagakerjaan dari Pemerintah Provinsi DK Jakarta secara digital yang terintegrasi dengan Siap Kerja sebagai Hub Ketenagakerjaan, sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang terpercaya dengan proses rekrutmen yang aman dan terjamin.

Pasangan Ridwan Kamil-Suswono juga akan memberikan pembekalan keterampilan praktis dan siap kerja yang relevan dengan kebutuhan industri, bekerja sama dengan perusahaan, lembaga pendidikan dan pelatihan profesional untuk menyediakan pelatihan vokasi yang difokuskan pada keterampilan teknis dan soft skill yang dapat langsung diterapkan di dunia kerja.

Example 300250
Example 120x600