Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPILKADA 2024

Dukung Ridwan Kamil, Pegiat Ekonomi Kreatif Curhat soal Pajak dan Perijinan

×

Dukung Ridwan Kamil, Pegiat Ekonomi Kreatif Curhat soal Pajak dan Perijinan

Sebarkan artikel ini
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil. Foto: ist.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Calon Gubernur Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil kembali mendapatkan dukungan. Kali ini, dukungan mengalir dari pelaku ekonomi kreatif di Jakarta, khususnya yang berada di Jakarta Selatan. Dukungan itu disampaikan saat Ridwan Kamil menghadiri acara Diskusi dengan Pegiat Kreatif di Toko Kopi Tuku, Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024).

“Alhamdulillah saya mendapat dukungan dan aspirasi dari pelaku ekonomi kreatif se-Jakarta, khususnya yang ada di Jakarta Selatan, khususnya lagi di daerah Cipete. Selama 10 tahun lebih, Cipete ini membuat movement namanya Cipete Creative District yang menghasilkan banyak lapangan pekerjaan. Mayoritasnya adalah ekonomi kreatif,” ungkap Ridwan Kamil.

Example 300x600

Selain dukungan, dalam diskusi tersebut, Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan jika para pegiat ekonomi kreatif mengeluhkan banyak hal, salah satunya tentang perizinan dan pajak. “Beberapa yang dikeluhkan para pegiat ekonomi kreatif di antaranya adalah tentang peraturannya, seperti untuk mengadakan event pajaknya tidak jelas. Terkadang pajaknya masih disamakan dengan pajak korporasi,” kata Kang Emil.

Selain itu, pegiat kreatif juga sangat membutuhkan dukungan pemerintah untuk menghadirkan ruang kreasi dan ekspresi. Mereka merasa, ruang-ruang ini sangat kurang dan terbatas. Mereka juga mempertanyakan terkait perizinan. “Untuk mengadakan event terkadang perizinan tidak satu pintu. Harga untuk bisa mendapatkan izin juga kerap kali berbeda,” ucap dia.

Menjawab aspirasi tersebut, ia bilang jika pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) mempunyai mimpi untuk membawa Jakarta menjadi kota ekonomi kreatif global. “Kami akan memperbanyak ruang-ruang kreatif layaknya Urban Forest, M Bloc, dan lain-lain. Banyak aset Pemprov yang saya dapati nganggur sehingga ini bisa dimanfaatkan,” ucap dia.

Pasangan RIDO juga akan memperbanyak ekspresi budaya yang punya nilai ekonomi supaya mampu mengurangi angka pengangguran. Karena ke depan Jakarta akan difokuskan menjadi kota bisnis, ekonomi kreatif global dan wisata.

“Nanti juga akan dihadirkan lembaga ekonomi kreatif, sehingga cara pikirnya akan terstruktur, kolaborasinya bisa terjalin dengan baik antara pelaku ekonomi kreatif dengan pemerintah provinsi. Khusus untuk pajak, ekonomi kreatif masih kelas menengah, nanti kami cek treatment perpajakannya, mudah-mudahan bisa kita berikan insentif dan lain-lain,” imbuh dia.

Untuk menjadikan Jakarta sebagai kota ekonomi kreatif global, kata Ridwan Kamil ada langkah yang harus dilakukan, yakni menjaga kekompakan, mulai dari masyarakatnya, komunitasnya, pemerintahnya, akademisi, media, dan lain sebagainya. Pasalnya, pasangan RIDO mengusung Desentralisasi, Kolaborasi, dan Inovasi untuk menjadikan Jakarta naik kelas.

“Untuk bisa maju tidak mungkin hanya mengandalkan pemerintah. Karena kekuatan pemerintah terbatas. Maka dari itu, kita perlu merangkul masyarakat agar kekuatannya bertambah. RIDO mengajak semua orang yang cinta Jakarta untuk bergabung, merumuskan secara bersama-sama, bekerja bersama untuk menghadirkan Jakarta Baru Jakarta Maju,” katanya.

Example 300250
Example 120x600