Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Defile dan Atraksi Bela Diri Meriahkan HUT TNI ke-79 di Sorong

×

Defile dan Atraksi Bela Diri Meriahkan HUT TNI ke-79 di Sorong

Sebarkan artikel ini
Atraksi bela diri yang ditampilkan prajuri TNI pada peringatan HUT TNI Ke-79 di alun-alun Aimas.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Perayaan HUT TNI ke-79 yang di alun-alun Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Sabtu (5/10/2024) itu berlangsung meriah.

Pameran dan defile, hingga demo karatem shirunji kempo, silat dan taekwondo membuat para tamu undangan dan warga sekitar yang menonton terpukau.

Example 300x600

Sebelum dilakukan parade, terlebih dahulu dilakukan upacara peringatan HUT TNI Ke-79 di alun-alun Aimas. Komandan Pasmar (Danpasmar) 3 Brigjen TNI (Mar) Sugianto, S. Sos.  memimpin langsung upacara tersebut.

Peringatan HUT TNI kali ini mengambil tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

Tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal
kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Makna yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu bahwa Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju.

“Perkembangan lingkungan strategis yang diikuti perubahan politik, ekonomi dan teknologi terus berkembang secara dinamis dan makin kompleks. Selain telah menciptakan dimensi dan spektrum peperangan baru, juga membawa dampak disrupsi di segala bidang kehidupan. Perkembangan situasi ini harus terus diikuti dan menjadi dasar dalam penyiapan kapabilitas TNI dari waktu ke waktu,”ujar Danpasmar3 Brigjen TNI (Mar) Sugianto saat membacakan amat Panglima TNI, Agus Subiyanto.

Untuk itu, TNI perlu diawaki oleh sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan berkemampuan inovatif dalam membangun institusi yang modern. Para prajurit TNI harus memiliki kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis sekaligus mampu mengoperasikan dan memelihara Alutsista yang berteknologi tinggi.

Bila hal ini dapat terwujud, transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional akan menjadi suatu keniscayaan.

Seluruh Prajurit TNI diingatkan untuk mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi. Sekecil apapun sikap dan tindakan yang kurang bijak akan dapat mengganggu bahkan merusak jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

“Oleh karenanya, Prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan, memanfaatkan peluang, memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan dengan dilandasi semangat gotong-royong dan
sinergitas bersama komponen bangsa lainnya,”ucapnya.

Pada momentum ini, Pangkoarmada III menyampaikan rasa hormat dan penghargaan kepada seluruh Prajurit atas dedikasi dan integritasnya dalam menjalankan tugas, sehingga TNI hingga saat ini terus
mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia

Example 300250
Example 120x600