Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Bisnis

Jokowi Resmikan Hotel Nusantara Swissotel-Groundbreaking Mall Duty Free di IKN, Dihadiri Aguan

×

Jokowi Resmikan Hotel Nusantara Swissotel-Groundbreaking Mall Duty Free di IKN, Dihadiri Aguan

Sebarkan artikel ini
Presiden Jokowi berjabat tangan dengan Aguan. Foto: tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Hotel Nusantara Swissotel dan melakukan groundbreaking Nusantara Mall Duty Free, pada hari keduanya berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (13/9/2024).

Jokowi mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Konsorsium Nusantara pimpinan Sugianto Kusuma alias Aguan. Sebab, Swissotel Nusantara bisa dikerjakan hanya dalam waktu 9 bulan.

Example 300x600

“Saat itu waktu konsorsium yang dikomandani Aguan menyampaikan kepada saya, pak, ini nanti sebelum Agustus selesai. Maaf pak, saya enggak percaya saat itu,” ujar Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat (13/9/2024).

“Tetapi setelah melihat sekarang seperti ini, benar pak Ali tadi, kalau yang lain ndak sanggup, berikan kepada saya, itu benar. Karena sudah terbukti 9 bulan bisa menyelesaikan hotel bintang 5, 191 kamar. Bukan pekerjaan yang mudah, tapi Indonesia bisa mengerjakan ini,” kata Jokowi menambahkan.

Selain Hotel Nusantara, Jokowi juga menandai dimulainya pembangunan Mal Nusantara Duty Free.

Jokowi percaya, kehadiran hotel dan mal ini bakal memunculkan keramaian di wilayah IKN. Sebab, sudah ada rumah sakit, sekolah hingga fasilitas pusat perbelanjaan. Ditambah pembangunan infarstruktur di IKN kian meyakinkan.

“Kalau ini selesai dan segera selesai, ini juga akan memunculkan keramaian di Ibu Kota Nusantara. Rumah sakit selesai, sekolah selesai, malnya ada, infrastruktur jalan juga sudah memadai. Saya kira akan muncul keramaian,” ucapnya.

Jokowi menceritakan, kehadiran proyek-proyek ini dimaksudkan untuk menciptakan ekosistem di IKN, terdiri dari penduduk, rumah sakit, sekolah, hotel, mal, dan lain sebagainya.

Namun, ia tak bisa menafikan pembangunannya pasti membutuhkan waktu jika tidak diiringi pemasukan investasi.

“Tapi kepercayaan yang kita bangun kelihatannya diambil betul kesempatan ini, opportunity/peluang yang ada oleh banyak investor, terutama konsorsium yang dipimpin oleh bapak Aguan,” kata Jokowi.

“Saya sekali lagi sangat menghargai investasi yang telah dilakukan oleh konsorsium. Semoga konsorsium mendapatkan untung, tetapi IKN juga mendapatkan untung. Dua-duanya mendapatkan keuntungan, sehingga bisa berjalan bersama-sama,” tuturnya.

Example 300250
Example 120x600