Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaEkonomiWisata

Jaga Alam, Dinas Pariwisata Papua Barat Daya Launcing WISE Trips Southwest Papua

×

Jaga Alam, Dinas Pariwisata Papua Barat Daya Launcing WISE Trips Southwest Papua

Sebarkan artikel ini
Launching WISE Trips Southwest Papua oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya
Launching WISE Trips Southwest Papua oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Wonderful Indonesia Sustainable Experience (WISE) Trips Southwest Papua resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Papua Barat Daya Yusdi Lamatenggo. Acara launching ini dilakukan di Taman Wisata Alam (TWA) Hutan Lindung Km 14, Kota Sorong pada hari Senin (23/9/24).

Acara launching ini merupakan inisiatif dari Dinas pariwisata untuk menindaklanjuti dan mengembangkan pariwisata di wilayah Papua Barat Daya

Example 300x600

Adapun tujuan dari terlaksana nya program ini untuk menghadapi tantangan perubahan iklim global dengan mempromosi perjalanan rendah karbon.

Yusdi Lamatenggo turut mengajak semua masyarakat serta wisatawan untuk sama-sama dapat berkontribusi dalam menjaga Kelestarian alam Papua.

Program ini, menurut Yusdi, juga di dukung oleh Kementerian Pariwisata yang telah meluncurkan program Blue Green Circular Economy (BGCE) di sektor pariwisata sebagai salah satu langkah menghadapi perubahan iklim.

Dalam sambutannya, Yusdi Lamatenggo menyampaikan bahwa pentingnya kerjasama dari berbagai pihak untuk bersama-sama memaksimalkan ekonomi yang berkelanjutan melalui inovasi dan investasi di sektor pariwisata.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Barat Daya atau yang mewakili Staf ahli Gubernur bidang Ekonomi, George Yarangga melalui sambutan tertulis Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad menegaskan bahwa wilayah Papua Barat Daya memiliki potensi besar dalam wisata alam dan budaya, yang perlu dikelola secara berkelanjutan.

Harapannya program WISE Trips ini menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia dalam mengembangkan pariwisata rendah karbon untuk mengurangi emisi.

Tidak hanya sampai di situ, acara launching ini juga diikuti dengan kegiatan penanaman pohon sebagai simbol pengurangan emisi karbon, serta penyerahan plakat kepada lima mitra usaha yang telah bekerja sama dalam pengembangan program WISE Trips di Papua Barat Daya.

Selain itu, Taman Wisata Alam Sorong juga menjadi lokasi ajang Kasuari Trail Run 2024 dengan tema “Kami Siap Untuk Jaga Alam Lestari”.

Acara tersebut WISE Trips ini turut melibatkan olahragawan dengan upaya pelestarian alam, diikuti oleh prajurit TNI, komunitas pelari, serta pelajar.

Kegiatan inisiatif ini untuk menunjukkan upaya serius dari Pemerintah Papua Barat Daya dalam mengembangkan sektor pariwisata secara berkelanjutan sambil menjaga kelestarian lingkungan.

Laporan : Triani

Example 300250
Example 120x600