Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaBudaya

Ajang FLS2N Dikmen 2024 Lahirkan Ratusan Talenta Muda dengan Bakat Seni Budaya

×

Ajang FLS2N Dikmen 2024 Lahirkan Ratusan Talenta Muda dengan Bakat Seni Budaya

Sebarkan artikel ini
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang Pendidikan Menengah 2024
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang Pendidikan Menengah 2024 secara resmi ditutup. Acara ini sebagai perwujudan nyata dari implementasi Kebijakan Manajemen Talenta Nasional di bidang seni budaya dan komitmen dalam menerapkan prinsip-prinsip Merdeka Belajar dan Pendidikan Karakter.

Total siswa pendaftar FLS2N SMA 2024 berjumlah 57.046 siswa dari 6.092 sekolah di 487 kabupaten/kota di 37 provinsi di Indonesia dan 128 siswa dari Sekolah Indonesia Luar Negeri. Lalu, jumlah pendaftar tingkat SMK 8.200 siswa. Total keseluruhan grand finalis FLS2N Jenjang Pendidikan Menengah 2024 berjumlah 299 siswa, dengan rincian 161 siswa SMA dan 138 siswa SMK.

Example 300x600

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai unit pelaksana teknis Pusat Prestasi Nasional, secara konsisten sejak 2008 menggelar FLS2N jenjang pendidikan dasar, peserta didik berkebutuhan khusus, dan pendidikan menengah.

Dikatakan Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Maria Veronica Irene, FLS2N bukan sekadar sebuah kompetisi, melainkan panggung nyata bagi siswa untuk menggali potensi di bidang seni budaya dan memupuk semangat kompetisi untuk meraih prestasi sesuai kemampuan masing-masing. “Ini merupakan langkah penting dalam mengembangkan bakat seni siswa,” ucapnya.

Selain itu, melalui FLS2N, tumbuh rasa cinta terhadap seni yang mendorong semangat pelestarian seni dan budaya Indonesia. Ajang talenta ini juga kata Maria, berperan dalam melindungi kekayaan budaya bangsa, menjadi inisiatif berharga dalam memajukan warisan budaya dan membangun fondasi kuat bagi masa depan kebudayaan Indonesia.

Lebih lanjut, Maria juga menyinggung peran penting semua pihak yang telah berkolaborasi menyukseskan acara ini. “Kami menghaturkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) atas tugas dan perannya dalam penyelenggaraan FLS2N di tingkat daerah,” ucapnya.

Tidak lupa, kepada orang tua, guru, fasilitator, ketua kontingen, pelatih/pembina, panitia, dan semua pihak yang telah bekerja keras mengerahkan tenaga, waktu, pikiran, dan juga materi demi terselenggaranya kegiatan ini.

Total cabang lomba pada FLS2N SMA/SMK 2024 berjumlah 22 cabang lomba. Untuk SMA, terdapat 14 cabang lomba meliputi Cipta Lagu, Instrumen Solo: Gitar, Menyanyi Solo, Monolog, Tari Kreasi, Kriya, Film Pendek, Fotografi, Baca Puisi, Cipta Puisi, Desain Poster, Jurnalistik, Komik Digital, dan Menulis Cerita Pendek. Sedangkan untuk SMK terdapat 8 cabang lomba meliputi Cipta Lagu, Instrumen Solo: Gitar, Menyanyi Solo, Monolog, Tari Kreasi, Kriya, Film Pendek, dan Kreativitas Musik Tradisi.

Adapun para peserta yang berhasil meraih juara pertama dari tiap cabang lomba adalah sebagai berikut. Untuk jenjang SMA, Juara 1 Baca Puisi adalah Calya Syakirah, SMAN 1 Tembilahan Hulu, Provinsi Riau. Juara 1 Cipta Lagu adalah Arya Faisa Rasendriya, SMA Islam Sabilillah, Provinsi Jawa Timur. Juara 1 Cipta Puisi adalah Kayyisah Sahara Ilmiawan, SMAS Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah, Provinsi Jawa Barat. Juara 1 Desain Poster adalah Avicenna Aulia Ferdian, SMAS Angkasa 1 Halim Perdanakusuma, Provinsi DKI Jakarta. Juara 1 Film Pendek adalah Joshua Michael Nainggolan, Pranadipta Pandu Styawan, dan Clarenssa Cavallera dari SMAS BPK Penabur, Provinsi Lampung. Juara 1 Fotografi adalah Valencia Fayola, SMAN 7 Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Juara 1 Instrumen Solo: Gitar adalah Graciella Endhita Lukman, SMAS Stella Duce 1, Provinsi D.I. Yogyakarta.

Berikutnya, Juara 1 Jurnalistik adalah Azalea Dawnika Harleen, SMAN 5 Yogyakarta, Provinsi D.I. Yogyakarta. Juara 1 Komik Digital adalah Naqya Zahra Tsabita, SMAN 93 Jakarta, Provinsi DKI Jakarta. Juara 1 Kriya adalah Moch. Baihaqi Aril Rahmadani, SMAN 1 Bangsal, Provinsi Jawa Timur. Juara 1 Menulis Cerita Pendek adalah Putu Mahatma Satria Wibawa, SMAN 1 Denpasar, Provinsi Bali. Juara 1 Menyanyi Solo Putra adalah Putu Desta Grasia Devara, SMAN 1 Sukawati Provinsi Bali. Juara 1 Menyanyi Solo Putri adalah Queenara Khairunnisa Sudirman, SMAN 8 Jakarta, Provinsi DKI Jakarta. Juara 1 Monolog adalah Raihan Afif, SMAN 1 Sinabang, Provinsi Aceh. Juara 1 Tari Kreasi adalah Haniza Zulfana Putri dan Adrian Maulana, SMAN 1 Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat.

Sementara untuk jenjang SMK, Juara 1 Cipta Lagu adalah Korintians Febri Timoti, SMKN 8 Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Juara 1 Film Pendek adalah Muhammad Farel Firdaus, Yoga Mahendra Pratama, dan Natasha Inka Putri dari SMK Negeri 12 Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Juara 1 Instrumen Solo: Gitar Ryoma Fransdiarra Irawan SMK Negeri 2 Kasihan, Provinsi D.I. Yogyakarta. Juara 1 Kreativitas Musik Tradisi adalah Sonny Kurniawan, Mochamad Rivana Dwi Saputra, Praditha Dzikra Nur Rabbani, Irda Rustiyaman Zakaria, dan Arya Kusumah dari SMKN 10 Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya, Juara 1 Kriya adalah Ircham Faturohman, SMK Negeri 1 Dlingo, Provinsi D.I. Yogyakarta. Juara 1 Menyanyi Solo adalah Cyntia Tabita Manurung, SMK Negeri 2 Kasihan, Provinsi D.I. Yogyakarta. Juara 1 Monolog adalah Annysha Nurfahni Salsabilla, SMKN 1 Garut, Provinsi Jawa Barat. Juara 1 Tari Kreasi adalah Nazilla Putri Nur Andini, SMKN 10 Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Restu Gunawan, menyampaikan ucapan selamat kepada para finalis dan pemenang. “Selamat untuk adik-adik semua yang sudah sampai pada tahap ini, saya rasa sungguh pencapaian yang luar biasa berkat kerja keras kalian,” tuturnya.

Example 300250
Example 120x600