Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

KPUD Jakarta Sebut Parpol yang Sudah Daftarkan Calon Tak Bisa Cabut Dukungan

×

KPUD Jakarta Sebut Parpol yang Sudah Daftarkan Calon Tak Bisa Cabut Dukungan

Sebarkan artikel ini
Bakal pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ), Ridwan Kamil-Suswono saat menggelar konferensi persi di Kantor KPUD Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, pada Rabu (28/8/2024). (Foto: Pierre Immanuel/TN)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta Dody Wijaya memastikan partai politik (parpol) yang telah mendaftarkan calon gubernur dan wakil gubernur tak bisa mencabut dukungan dalam kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Dia mengatakan kebijakan tersebut berlaku terhadap seluruh parpol yang telah mendaftarkan paslonnya terhitung sejak hari pertama pendaftaran.

Example 300x600

“Partai politik atau gabungan partai politik dilarang menarik calonnya dan/atau calonnya dilarang mengundurkan diri terhitung sejak pendaftaran sebagai calon pada KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota,” kata Dody kepada wartawan di Jakarta, Kamis (29/8/2024).

Dody mengungkapkan, hal itu tertuang dalam ketentuan pasal 43 UU No 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

“Kemudian regulasi selanjutnya, dalam hal partai politik atau gabungan partai politik menarik calonnya atau calonnya mengundurkan diri sebagaimana dimaksud pada ayat 1 maka partai politik atau gabungan partai politik yang mencalonkan tidak dapat mengusulkan calon pengganti,” ungkap Dody.

Seperti publik ketahui, terdapat dua bakal pasangan calon (bapasalon) yakni Pramono-Rano Karno dan Ridwan Kamil-Suswono yang telah mendaftarkan diri sebagai cagub-cawagub Jakarta, pada Rabu (28/8/2024).

Sementara itu, Dharma Pongrekun-Kun Wardana yang merupakan bapaslon jalur independen dijadwalkan mendaftar ke KPUD Jakarta, pada Kamis (29/9/2024) pukul 20.00 WIB.

Example 300250
Example 120x600